Libur Nataru, Pemkab Lotim ‘’Lockdown’’ Objek Wisata Sembalun

Wisatawan saat berpose di salah satu area wisata desa sembalun

 

MATARM- Pemkab Lombok Timur (Lotim) kembali akan melakukan lockdown (mengunci akses masuk) kunjungan wisatawan pada beberapa tempat wisata dalam peringatan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Salah satu objek wisata yang di-lockdown adalah kawasan wisata Sembalun. Selain Sembalun, ada juga objek wisata Jeruk Manis, Otak Kokok, dan Tetebatu.

Langkah ini, menurut Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy untuk mengantisipasi terjadi penyebaran Covid-19 yang masih terjadi di tengah-tengah masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Lotim.

 

Boleh-boleh apa saja memperingati tahun baru. Tapi catatannya protokol kesehatan diterapkan. Namun tahun baru ini, beberapa tempat akan dilakukan lockdown,” tegasnya akhir pekan lalu.

 

Dikatakannya, pada dasarnya kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata tidak ada pembedanya dengan masyarakat yang menunaikan ibadah di masjid maupun yang menggelar pesta pernikahan. Namun, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 mengizinkan karena bersedia menerapkan protokol kesehatan.

 

Selain itu, ujarnya, di lokasi wisata yang di-lockdown, karena  pemerintah tidak bisa menjamin penerapan protokol kesehatan. Dalam arti, pemda tidak punya aparat yang langsung melakukan pengawasan ke lokasi tersebut.

 

Sementara di tempat-tempat lain yang diizinkan akan ditempatkan petugas seperti di Labuhan Haji karena daerah pantai dengan areal cukup luas. Begitupun pembatasan kunjungan ke tempat-tempat wisata yang diizinkan. Menurut bupati, apabila secara total tidak diizinkan tentunya akan berdampak terhadap geliat ekonomi masyarakat. (red/11).

 

 

 

Share
2020-12-26
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...

Exit mobile version