Tangani Covid 19, Insentif Nakes Mataram Cair Pekan Depan

Nakes saat mengevakuasi jenazah covid-19

 

 

 

 

 

 

MATARAM-Hingga saat ini, insentif bagi tenaga kesehatan di Kota Mataram yang menangani pasien Covid-19 belum cair. Diduga proses pencairan terkendala di Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram.

 

“Kemarin ada uang masuk Rp 7 miliar. Tetapi tidak ada Permenkes yang mengatur petunjuk teknisnya. Sehingga kami tidak ada solusi penggunaannya,” ungkap Kepala BKD Kota Mataram M Sya kirim Hukmi kepada wartawan , kemarin (25/12).

 

Akibat tidak ada Permenkes yang mengatur penyaluran anggaran tersebut, maka pengelolaannya diserahkan kepada daerah. Sehingga Dinas Kesehatan Kota Mataram dan RSUD Kota Mataram kemudian diminta melakukan penghitungan berapa kebutuhan dan peruntukan untuk insentif nakes. Agar pembayaran bisa dilakukan menggunakan anggaran Rp 7 miliar yang dikirim pemerintah pusat.

 

Pihak Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Mataram kemudian membuat kesepakatan pembayaran tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Ada penghitungan masing-masing yang disepakati Dinas Kesehatan dan RSUD diketahui ketua TAPD dalam hal ini Sekretaris Daerah kOta Mataram Hai Effendi Eko Saswito.

 

Dasar kesepakatan antara rumah sakit itulah yang dibuat sebagai dasar perubahan keputusan kepala daerah. Agar proses pencairan bisa dilakukan. “Mudahan minggu depan bisa keluar insya Allah. Karena kami harus membuat perubahan keputusan kepala daerah. Insya Allah akhir tahun sudah bisa cair, ” janjinya.

 

Diketahui, para tenaga kesehatan yang ada di RSUD Kota Mataram belum menerima insentif khusus bagi yang menangani pasien Covid-19. Mereka sudah menunggu sekitar lima bulan namun belum ada kejelasan kapan pencairan dilasanakan. Mereka baru menerima insentif di Bulan April lalu. (red/11)

 

 

Share
2020-12-26
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...

Exit mobile version