Antisipasi Corona Varian Baru, Pelaku Perjalanan Luar Daerah Diawasi Ketat

SELONG – Pemkab Lombok Timur mengantisipasi ancaman Corona varian baru masuk ke daerah ini. Berbagai upaya pencegahan dan langkah – langkah strategis diambil. Salah satunya dengan meningkatkan pengawasan terhadap para pelaku perjalanan luar daerah.

 

Diketahui beberapa daerah di Indonesia telah mulai dimasuki virus Covid varian baru ini. Ancamannya dianggap jauh lebih mematikan. Namun di Lotim sejauh ini masih belum ditemukan adanya warga yang terkonfirmasi Covid varian baru tersebut.”Langkah strategis telah kita lakukan dalam upaya pencegahan agar tidak masuk ke daerah ini. Salah satu upaya pengetatan terhadap pelaku perjalanan dari dan ke luar daerah,” ungkap Satgas Covid-19 Lotim, Budiman Satriadi, kemarin.

Lebih lanjut disampaikan, secara medis jenis baru ini punya daya tular sangat tinggi sehingga sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut dilihat dari wilayah di Indonesia yang mulai terpapar kasus baru.

 

Ia mencontohkan, virus Corona jenis Delta asal India sudah menyebar kemana-mana.” Ini yang patut kita antisipasi bahwa penyebaran yang begitu masif menjadi perhatian semua pihak. Kita harus lebih waspada masyarakat dalam mengantisipasi varian jenis baru ini,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dibanding varian jenis Alpa dan Beta, Delta yang berasal dari India ini lebih ganas karena daya tularnya yang sangat cepat. Jika prosedur penanganan dibanding virus Corona sebelumnya sedikit lebih khusus. Jika penderita yang tertular Covid-19 tanpa gejala bisa menjalani isolasi mandiri, varian jenis Delta ini harus mendapatkan perawatan khusus dan ketat.” Varian delta ini harus diisolasi khusus dan ketat. Karena sifatnya menular sangat cepat. Yang paling kita wanti, pelaku perjalanan termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang ke NTB dan Lotim harus menjalani skrining ketat di bandara. Dan juga harus diisolasi selama lima hari hingga dinyatakan bebas Corona,” tutupnya

 

 

Share
2021-06-29
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...

Exit mobile version