Mencapai 50,7 Derajat Celcius, Inilah Suhu Terpanas di Kota Australia

MATARAMPOS.COM – Sebuah kota terpencil di Australia Barat melaporkan suhu udara ekstrem yang mencapai 50,7 derajat Celsius pada Kamis (13/1) waktu setempat. Suhu itu tercatat menyamai rekor suhu terpanas dalam sejarah Australia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/1/2022), Dewan Iklim Australia memperingatkan bahwa suhu ekstrem yang sangat panas semacam itu bisa menjadi hal yang lumrah di Australia akibat pemanasan global.

Biro Meteorologi Australia melaporkan bahwa suhu udara mencapai 50,7 derajat Celsius tercatat di kota tepi pantai Onslow pada Kamis (13/1) sore waktu setempat.

“Rekor suhu maksimum Australia Barat yang BARU dan menyamai rekor suhu nasional!” sebut Biro Meteorologi Australia dalam pernyataan via Twitter.

“Onslow mencapai suhu yang belum pernah terjadi sebelumnya — 50,7 derajat Celsius yang merupakan rekor WA (Australia Barat-red) dan menyamai rekor hari terpanas Australia yang tercatat 62 tahun lalu di Oodnadatta SA (Australia Selatan-red),” imbuh pernyataan tersebut.

Menurut situs resmi Biro Meteorologi setempat, Australia terakhir kali mencetak rekor suhu tertinggi 50,7 derajat Celsius di Bandara Oodnadatta, Australia Selatan, pada 2 Januari 1960 silam.

Direktur penelitian Dewan Iklim Australia, Dr Martin Rice, menyebut rekor itu merupakan ‘bagian dari tren pemanasan jangka panjang yang didorong oleh pembakaran batu bara, minyak dan gas’. Dia menyebut suhu ekstrem sudah memiliki ‘konsekuensi bencana yang mematikan’ di Australia.

“Gelombang panas merupakan pembunuh dalam senyap di Australia, yang menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan peristiwa cuaca ekstrem lainnya,” sebut Rice.

Australia mengalami musim panas yang diwarnai kebakaran hutan di bagian barat wilayahnya dan banjir mematikan di pantai timur. Rice menyatakan bahwa tanpa pengurangan emisi gas rumah kaca, suhu udara yang mencetak rekor tertinggi semacam itu bisa menjadi hal yang lazim di Australia.

“Di Sydney dan Melbourne, kita akan melihat hari-hari musim panas dengan suhu 50 derajat pada tahun 2030,” cetus Rice dalam pernyataannya.

Biro Meteorologi Australia diperkirakan akan mengonfirmasi secara resmi rekor suhu tertinggi itu pada Jumat (14/1) sore waktu setempat setelah pemeriksaan kontrol kualitas selesai dilakukan.

Source: detik.com

Share
2022-01-14
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...

3 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Karena Minuman Alkohol, Apa Dampak Buruknya Bagi Kesehatan?

Menurut World Health Organization (WHO), ada 3 juta orang meninggal setiap tahun karena minuman alkohol. ...

Exit mobile version