Gunung Ruang Ada di Mana? Ini Info Lokasi dan Fakta Singkatnya

JAKARTA – Gunung Ruang merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung Ruang termasuk gunung api pulau yang terletak di Sulawesi Utara (Sulut). Gunung ini mengalami erupsi pada Selasa (16/4/2024), dan kembali erupsi pada hari Rabu (17/4/2024).

Letak Gunung Ruang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Dilansir detikSulsel, gunung ini meletus pada Selasa (16/4/2024), dan berdampak di dua Kecamatan Tagulandang, yaitu Desa Laingpatihe dan Desa Pumpente.

Erupsi Gunung Ruang
Menurut data PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.), Gunung Ruang sempat erupsi lagi pada Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 01.08 Wita. Erupsi terjadi karena gempa M 6,4 yang berpusat di Pulau Doi, Maluku Utara, pada Selasa (9/4/2024).

Hingga saat ini, Kamis (18/4/2024) status Gunung Ruang telah menjadi Level IV (AWAS) dari sebelumnya Level III (siaga) seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanik. Hal ini disebabkan oleh gempa bumi tektonik yang mengguncang Pulau Doi di Maluku Utara.

Berikut informasi profil Gunung Ruang di Provinsi Sulawesi Utara:

Profil Gunung Ruang di Sulawesi Utara
Dikutip dari situs PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, secara geografis posisi Gunung Ruang terletak pada koordinat 2°19′ 18,30″ LU dan 125° 24′ 30,42 BT. Secara administratif Gunung Ruang berada di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Gunung Ruang merupakan gunung api bertipe strato atau gunung api berbentuk kerucut yang menjulang tinggi dengan ketinggian mencapai 725 d dpl (meter di atas permukaan laut), dari batas pantai sekaligus membentuk satu pulau tersendiri yang terpisah dengan pulau lainnya.

Sejarahnya, Gunung Ruang erupsi sejak 1808 dan memiliki interval erupsi berkisar antara 1 hingga 30 tahun. Erupsi terakhir terjadi pada 2002, yang merupakan erupsi eksplosif disertai awan panas, mengakibatkan kerusakan lahan dan pemukiman serta mengharuskan pengungsian penduduk.

Status dan Aktivitas Terkini Gunung Ruang
Menurut laporan terkini dari PVMBG, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang. Maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 WITA.

Sementara itu, PVMBG sempat mencatat Gunung Ruang mengalami aktivitas kegempaan sebanyak 944 kali dalam sehari dengan jumlah terbanyak gempa vulkanik dangkal. Peringatan tsunami juga sempat dikeluarkan dan mengharuskan penduduk yang bermukim di kawasan pesisir menjauh dari pantai.

Masyarakat yang bermukim di pantai barat Pulau Tagulandang diungsikan ke pantai timur untuk menghindari tsunami dan awan panas yang timbul akibat erupsi eksplosif dari Gunung Ruang.

Sebagai tambahan informasi agar tidak keliru, Gunung Ruang di Sulawesi Utara ini berbeda dengan Gunung Raung di Jawa Timur. Gunung Raung merupakan gunung api yang terletak di Kabupaten Bodowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, Jawa Timur.***

Share
2024-04-20
x

Check Also

Bagaimana Kunyit Ampuh untuk Kanker? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kunyit menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai penelitian sudah membuktikan manfaat kunyit untuk obat. Penelitian terbaru ...

Gelombang Panas Menghantam Asia: Ancaman Nyata Perubahan Iklim

Jakarta – Gelombang panas yang melanda wilayah Asia telah menarik perhatian dunia, dengan Organisasi Meteorologi ...

Menjelajahi Masa Depan Industri Migas: Mitos atau Kenyataan?

Industri minyak dan gas (migas) telah menjadi tulang punggung perekonomian global selama bertahun-tahun. Namun, dengan ...

Exit mobile version