Unik, Wisuda Ditengah Pandemi; 341 Mahasiswa Poltekpar Lombok Diwisuda Dengan Konsep Drive Thru

 

PRAYA, MataramPost.com- Penyelenggaraan wisuda bagi 341 mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok tahun 2021 yang diselenggarakan pada Jumat (22/10) siang, terbilang unik. Karena digelar dalam dua sesi. Wisuda mahasiswa yang berasal dari empat program studi yaitu pengaturan perjalanan, seni kuliner, tata hidang dan divisi kamar ini selain digelar secara daring, juga secara langsung dengan konsep Drive Thru, konsep yang bernuansa MotorGP.

 

“Selamat kepada wisudawan/wisudawati. Berkarya nyatalah di lingkungan masing-masing,” kata Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja M.M.Par., CHE, Jumat (22/10/2021).

 

Dikatakan Direktur, untuk sesi pertama wisuda dilaksanakan secara daring. Diikuti enam perguruan tinggi pariwisata lainnya yang ada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di Poltekpar Palembang.

 

Sesi kedua, dilaksanakan secara langsung dengan konsep Drive Thru. Konsepnya bernuansa MotorGP. Hal itu tentunya bagian dari upaya Poltekpar mempromosikan Event akbar WSBK yang akan digelar pada bulan November. Wisudawan/Wisudawati sangat antusias melaksakan wisuda.

 

“Dengan penuh kebanggaan pada wisuda kali ini kami persembahkan 341 orang lulusan Poltekpar Lombok yang terdiri dari 236 orang lulusan diploma terapan dan 105 Sarjana terapan. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan prokes Covid-19,” terang Herry.

 

Jumlah lulusan dan yang di wisuda tahun ini lanjutnya, terdiri dari mahasiswa angkatan 2017 program studi pengaturan perjalanan sebanyak 105 wisudawan. Mahasiswa angkatan 2018 program studi divisi kamar sebanyak 108 wisudawan, program studi seni kuliner sebanyak 63 wisudawan dan program studi tata hidang sebanyak 65 wisudawan.

 

“Untuk diketahui, saya sampaikan bahwa hari ini dari daftar wisudawan, sudah ada yang bekerja sehingga tidak dapat mengikuti wisuda. Jumlahnya sebanyak 2 orang mahasiswa,” lanjut Herry.

 

Sedangkan untuk wisudawan terbaik Poltekpar Lombok tahun ini ada dua orang. Keduanya diberangkatkan ke Palembang untuk secara langsung dikukuhkan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno di Poltekpar Palembang. Yaitu Baiq Wewik Aprilliana, mahasiswa Program Studi Divisi Kamar dengan IPK 3,91. Kemudian Alpian Ghazali Putra, mahasiswa Program Studi Pengaturan Perjalanan dengan IPK 3,78.

 

“Ada juga empat orang wisudawan terbaik dari masing-masing program studi yang dikukuhkan dihadapan senat akademika Politeknik Pariwisata Lombok,” sebutnya.

 

Diantaranya, Indah Nirmalasari dengan IPK 3,79, Adessyana Symonds dengan IPK 3,82, Lalu Zulfan dengan IPK 3,77 dan Rizkiana Mulya Lilokari dengan IPK 3,75.

 

“Semua wisudawan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Poltekpar Lombok kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Poltekpar Lombok,” kata Herry.

 

Pada kesempatan yang berbahagia itu, Herry juga mengatakan atas nama seluruh civitas akademika Poltekpar Lombok, mengucapkan selamat kepada para wisudawan program pendidikan Diploma dan Sarjana terapan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Poltekpar Lombok.

 

“Kepada ibu dan bapak para orang tua, orang tua asuh, dan keluarga wisudawan, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya telah mempercayakan pendidikan anaknya di Poltekpar Lombok,” kata Herry.

 

Dan tidak lupa, Herry menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada seluruh tenaga pengajar dan tenaga pendidik Poltekpar Lombok atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa.

 

“Sampai mereka berhasil menyelesaikan studinya, diwisuda pada siang hari yang berbahagia ini,” katanya.

 

Herry menambahkan, ia berpesan pada wisudawan dan wisudawati Poltekpar Lombok bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya inovatif, adaptasi dan kreatifitas para alumni Poltekpar Lombok untuk membangkitkan pariwisata indonesia.

 

“Dalam aktivitas saudara di masyarakat, jangan lupa selalu mengedepankan karakter, selalu memberikan yang terbaik (giving the best), yang dijiwai dengan akhlak dan budi pekerti yang mulia.

Implementasikan selalu prinsip Kerja 5A (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Mawas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas) dalam diri pribadi, serta lingkungan aktivitas dan pekerjaan saudara,” jelas Herry.

 

Disamping itu, Herry meminta agar alumni Poltekpar Lombok disamping cerdas dan berilmu, juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik yaitu jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner, serta senang menolong dan bekerjasama.

 

“Sebagai calon-calon pemimpin nasional, regional maupun global, saudara juga harus selalu berusaha menegakkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan keluhuran dalam kondisi apapun. Mempunyai keramahan sosial yang membawa kemaslahatan maksimal bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya.

 

Pada wisata kali ini juga, Herry menyampaikan, Poltekpar Lombok menggelar Career Expo 2021. Digelar pada tanggal 25-26 Oktober 2021 di Gedung Kuliah 1 dan Gedung kuliah 2. Event ini untuk menjembatani alumni Poltekpar Lombok dengan perusahaan atau institusi agar mendapatkan pekerjaan maupun pengembangan karir yang diinginkan sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi yang dimilikinya.

 

“Sebanyak 35 Exhibitor dari Industri, Institusi Pendidikan dan incubator bisnis dengan total lowongan kerja sebanyak 2.268 job vacancies yang kita siapkan,” kata Herry.

 

Diakhir sambutannya, Herry menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan membangun Poltekpar Lombok selama ini.

 

“Semoga Allah SWT melimpahkan pada kita semua hikmah dan kebijaksanaan, serta kekuatan dan kesabaran, dalam upaya mencapai apa yang telah kita citakan itu. Amin,” tutup Herry.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi yang hadir dalam wisuda tersebut mewakili gubernur berharap, wisudawan/wisudawati Poltekpar Lombok ke depan mesti bisa ambil peranan penting dalam pengembangan pariwisata daerah. Terlebih NTB sekarang ini sebagai kawasan otoritas pengembangan pariwisata nasional. Tentu, ini butuh dukungan semua pihak, terutama dukungan produktifitas aktivitas pariwisata dalam hal ini sumber daya manusianya.

 

“Keterlibatan adik-adik dalam pengembangan pariwisata nasional di daerah ini harus maksimal karena memang konsentrasi ilmunya bagian pariwisata. Ke depan akan semakin banyak ladang pengabdian yang bisa dilakoni,” ujar Yusron.

 

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini juga berpesan, teruslah berkarya dan mengadikan diri di dunia pariwisata. Ke depan akan semakin banyak tantangan dan cobaan di dunia kerja namun ia yakin alumni Poltekpar Lombok bisa lalui itu semua.

 

“Potensi pariwisata kita sangat banyak, eksplore itu. Alumni Poltekpar harus ambil bagian untuk dunia kerja yang ada. Kalau bisa buka juga lapangan kerja,” pungkasnya. (Nur)

Share
2021-10-22
Previous: Antisipasi Covid-19 saat WSBK, DPRD NTB Dorong Adanya Sarana Isolasi Terpusat
Next: Mahasiswa Raih Mendali Emas di Pon XX Papua, Rektor Unram Beri Apresiasi
x

Check Also

Incar 3.000 Talenta Digital, Google Kembali Gelar Program Bangkit

MATARAMPOS.COM – Google akan kembali menggelar program Bangkit untuk angkatan ketiga pada tahun 2022. Program ...

Mulai Menyembur dari Erupsi Semeru, Apa Itu Wedhus Gembel?

MATARAMPOS.COM – Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanis sejak erupsi pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 ...

Punya Fungsi Hybrid, Fujifilm Rilis Instax Mini Evo

MATARAMPOS.COM – Fujifilm meluncurkan Instax Mini Evo, model kamera terbaru dari seri Instax yang mengusung ...

Exit mobile version