Kemenkumham NTB Tindaklanjuti Laporan Pengerusakan Hutan Nuraksa

 

MataramPost.com- Menundaklanjuti laporan yang diterima Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) Kanwil Kemenkumham NTB, terkait pembiaran melakukan pengerusakan hutan, Ahad (8/8/2021), Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB Haris Sukamto dan jajaran Bidang Hak Asasi Manusia (HAM), menggelar mediasi antara para pihak terkait di UPTD Balai Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa.

 

Mediasi yang dihadiri Kepala Pusat HAM Universitas Mataram (Unram), Kepala Seksi (Kasi) Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, Kasi Pengawas PPNS Polda NTB serta perwakilan WALHI NTB tersebut, berbuah rekomendasi pola pembinaan kemitraan bagi penyampai komunikasi dan masyarakat dalam pengelolaan dan memanfaatkan hasil hutan.

 

“Masyarakat sekitar Tahura nantinya akan dikumpulkan, untuk memperoleh penjelasan, arahan, dan pembinaan terkait kebijakan yang dibuat, sehingga dapat memahami hak serta kewajiban dan teknis terkait kebijakan itu,” kata Kakanwil Kumham NTB.

 

Haris juga menekankan kepada seluruh pihak bahwa Yankomas tidak mengedepankan penyelesaian dari aspek hukum, tetapi lebih mengedepankan aspek kekeluargaan dan musyawarah untuk mufakat (mediasi).

 

“Diharapkan kepada pihak-pihak yang terkait mengedepankan solusi yang humanis, agar memberikan kejelasan dan rasa keadilan bagi para pihak yang berkomunikasi,” ujarnya. (*)

Share
x

Check Also

Apa Saja Manfaat Timun untuk Kesehatan, Bagaimana Cara Mengonsumsinya?

Manfaat timun untuk kesehatan memang sejak lama sudah dikenal, apalagi jika dikonsumsi dengan cara yang ...

Hingga Semester 1/2024, Kejari Tangerang Berhasil Pulihkan Keuangan Negara Hingga Rp2,8 Miliar

MATARAMPOS.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang, melalui Jaksa Pengacara Negara bidang Perdata dan Tata Usaha ...

Bencana Iklim Itu Nyata, Masalah Pangan Masa Depan Akan Terjadi, “Ngeri, Kita Harus Hati-Hati”

Pemerintah Indonesia tengah dihadapkan pada kecemasan tinggi terhadap berbagai tantangan dan ancaman bencana iklim yang berpotensi muncul akibat klaim ...