Saudi Nyatakan Biaya Visa Progresif Haji dan Umrah Dikurangi

MATARAMPOS.COM, JAKARTA – Pemerintah Saudi telah mengeluarkan kebijakan yakni mengurangi biaya untuk visa progresif haji dan umrah. Hal ini dibenarkan oleh Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah, Endang Djumali.

“Biaya visa progressif akan dikurangi,” ungkapnya, seperti dikutip dari laman resmi kemenag.go.id, Senin, 9 September 2019. Visa progressif telah diberlakukan oleh Pemerintah Saudi untuk jemaah umrah sejak 2016.

Dengan kata lain, ada biaya tambahan harus dibayar jemaah akan umrah untuk kedua kalinya atau lebih di tahun yang sama.

Sementara untuk haji, visa progressif diberlakukan bagi jemaah yang sudah pernah berhaji dan ingin menunaikannya kembali. Visa progressif haji baru diberlakukan sejak 2018.

Adapun besaran biaya visa ditetapkan saat itu adalah SAR2000 atau setara Rp7,6juta. Endang menyebut, pihak Kementerian Haji Arab Saudi telah lakukan pengajuan untuk peninjuan kembali kebijakan ini, dengan kata lain bukan pembatalan visa progressif.

Endang menyebut informasi ini sudah dikomunikasikan dengan berbagai pihak, diantaranya: Sekretaris pribadi Menteri Haji Arab Saudi, Majid al Moumeni, penanggungjawab E-Hajj, Mr. Farid Mandar, dan Humas Kementerian Haji Dan Umrah Saudi.

Keputusan terbaru adalah pengurangan nominal visa progressif dari 2000 riyal menjadi 300 riyal bagi mereka yang mengulangi atau berulangkali umrah. Begitu juga dengan visa haji, nominalnya menjadi 300 riyal. (mtp2)

Share
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...