Dokter Faheem Younus: Pilih Vaksin, Sebelum Infeksi Covid-19 Menghampiri Anda

MATARAMPOS – Dokter dari University of Maryland, Amerika Serikat (AS), Faheem Younus meminta masyarakat segera mendapatkan vaksin Covid-19.

Menurut Faheem, semua orang nantinya akan bertemu Covid-19, baik dalam bentuk vaksin, atau dalam bentuk infeksi. Karena itu, dia mengatakan masyarakat harus memilih bertemu Covid-19 melalui vaksin.

“Anda akan bertemu COVID. Baik melalui vaksin atau melalui infeksi. Pilih vaksin. Sebelum infeksi memilih Anda,” kata Faheem melalui akun twitternya, @FaheemYounus.

Faheem Younus juga meminta masyarakat agar mendapatkan vaksin yang tersedia dengan segera. Menurut dia, semua vaksin aman. Baik merek Pfozer, Moderna, ataupun merek lain.

Tautan lainnya di Twitter pribadinya, Pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health, Amerika Serikat, Faheem Younus memberikan gambaran garis waktu saat seseorang terinfeksi Covid-19.

Menurut Faheem, secara umum ada 6 tahapan saat seseorang terinfeksi Covid-19. Lima hari sebelum sakit, seseorang itu akan menghirup virus,  lalu 2 hari sebelum sakit, seseorang tertular.

Hari 0 hingga hari 5, gejala sakit mulai berkembang. Hari 5 hingga hari 10, gejala memburuk.

Kemudian, setelah hari ke-10, Faheem mengatakan seseorang sudah tak menularkan Covid-19 lagi. Jika tak ada gejala, mereka bisa mengakhiri isolasi.

Pada akhirnya, pada hari ke-15, sebagian besar pasien akan sembuh.

Garis Waktu COVID

5 hari sebelum sakit: Virus terhirup

2 hari sebelum sakit: Anda menular!

Hari 0-5: Gejala pertama berkembang

Hari 5-10: Gejala memburuk

Hari 11 dan seterusnya: Anda tidak menular. Akhiri isolasi

Hari 15: Sebagian besar pasien sembuh,” tulis Faheem di akun twitternya, @FaheemYounus, Sabtu, 31 Juli 2021.

Share
x

Check Also

GESID Dukung Keputusan DPR dan Pemerintah soal Revisi UU Desa Terkait Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun

MATARAMPOS.COM, JAKARTA- Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) dan Pemerintah akhirnya sepakati revisi undang-undang desa yang salah ...

Ketika Seorang Ibu Mengajarkan Anaknya Bertemu Rasulullah SAW Setiap Saat

Kisah Hikmah penting untuk bertemu Rasulullah SAW setiap saat. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ...

Kapitra: Saya Menuju Senayan untuk Memperjuangkan Hak Masyarakat Riau

MATARAMPOS.COM,PEKANBARU – Sebagai seorang pengacara sukses, Dr. Kapitra Ampera SH., MH tentu telah mencapai posisi ...