Dorong Perkembangan Usaha Mikro di NTB, Kumham NTB Gandeng Ditjen AHU Adakan Webinar Perseroan Perorangan

MataramPost. Com- Kepala Bidang Pelayanan Hukum, membuka Webinar tentang Perseroan Perorangan (PP) yang juga dihadiri oleh pemateri dari Direktorat Jenderal Adminsitrasi Hukum Umum (AHU), Nurial Anggaraini selaku Perancang Peraturan Perundang-Undangan Pertama pada Direktorat Perdata.

 

Dalam pembukaanya, Yudi menyebutkan bahwa.

“Perseroan Perorangan sangat membantu, karena Perseroan Terbatas (PT) syaratnya minimal harus didirikan oleh 3 orang sedangkan Perseroan Perorangan bisa didirikan oleh satu orang saja yaitu pemilik modal itu sendirisendiri, “katanya.

 

Hal ini juga diperkuat Nurial yang menjelaskan bahwa untuk mendirikan Perseroan Perseorangan syarat yang dibutuhkan hanya seorang WNI di atas 17 tahun yang cakap hukum dengan jenis usaha mikro atau usaha kecil dan memiliki modal maksimal 5 (lima) milyar rupiah.

 

“Dalam perseroan perorangan, pelaku usaha bertindak sebagai direktur. Jadi tidak memiliki komisaris. untuk pendaftaran dapat dilakukan di SIMPADHU,” terang Nurial.

 

Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan terobosan baru dengan menghadirkan entitas Perseroan Perorangan dengan tanggung jawab terbatas, yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Seperti yang juga telah dijelaskan oleh Presiden Jokowi bahwa Undang-Undang Cipta Kerja ini akan memudahkan masyarakat khususnya usaha mikro kecil untuk membuka usaha baru, regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit dipangkas sehingga perizinan usaha untuk usaha mikro kecil tidak diperlukan lagi hanya pendaftaran saja.

Share
x

Check Also

Ketua AMPHURI : Biaya Umroh Sekitar 30 Juta Atau Lebih

MATARAMPOS – Biaya perjalanan ibadah umroh diperkirakan akan mencapai Rp30 juta dan bahkan lebih di ...

Pandemi Covid-19, Agus Masih Mampu Bertahan

MATARAMPOS – Cuaca siang hari yang cukup panas tidak membuat Agus Nurdin (52 tahun) menyerah ...

Luhut : Januari 2022 Indonesia Berubah Status Menjadi Endemi

MATARAMPOS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekan anak buahnya agar kasus penyebaran Covid-19 tidak lagi ...