Dorong Perkembangan Usaha Mikro di NTB, Kumham NTB Gandeng Ditjen AHU Adakan Webinar Perseroan Perorangan

MataramPost. Com- Kepala Bidang Pelayanan Hukum, membuka Webinar tentang Perseroan Perorangan (PP) yang juga dihadiri oleh pemateri dari Direktorat Jenderal Adminsitrasi Hukum Umum (AHU), Nurial Anggaraini selaku Perancang Peraturan Perundang-Undangan Pertama pada Direktorat Perdata.

 

Dalam pembukaanya, Yudi menyebutkan bahwa.

“Perseroan Perorangan sangat membantu, karena Perseroan Terbatas (PT) syaratnya minimal harus didirikan oleh 3 orang sedangkan Perseroan Perorangan bisa didirikan oleh satu orang saja yaitu pemilik modal itu sendirisendiri, “katanya.

 

Hal ini juga diperkuat Nurial yang menjelaskan bahwa untuk mendirikan Perseroan Perseorangan syarat yang dibutuhkan hanya seorang WNI di atas 17 tahun yang cakap hukum dengan jenis usaha mikro atau usaha kecil dan memiliki modal maksimal 5 (lima) milyar rupiah.

 

“Dalam perseroan perorangan, pelaku usaha bertindak sebagai direktur. Jadi tidak memiliki komisaris. untuk pendaftaran dapat dilakukan di SIMPADHU,” terang Nurial.

 

Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan terobosan baru dengan menghadirkan entitas Perseroan Perorangan dengan tanggung jawab terbatas, yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Seperti yang juga telah dijelaskan oleh Presiden Jokowi bahwa Undang-Undang Cipta Kerja ini akan memudahkan masyarakat khususnya usaha mikro kecil untuk membuka usaha baru, regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit dipangkas sehingga perizinan usaha untuk usaha mikro kecil tidak diperlukan lagi hanya pendaftaran saja.

Share
x

Check Also

GESID Dukung Keputusan DPR dan Pemerintah soal Revisi UU Desa Terkait Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun

MATARAMPOS.COM, JAKARTA- Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) dan Pemerintah akhirnya sepakati revisi undang-undang desa yang salah ...

Ketika Seorang Ibu Mengajarkan Anaknya Bertemu Rasulullah SAW Setiap Saat

Kisah Hikmah penting untuk bertemu Rasulullah SAW setiap saat. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ...

Alasan Starbucks Disebut Pro-Israel dan Ikut Diboikot

MATARAMPOS.COM – Starbucks menjadi salah satu brand utama gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) atau Boikot, Divestasi, ...