Pastikan WSBK Berjalan Lancar, Kemenkumham Gelar Opgab Orang Asing Di Gili Trawangan

Mataram : Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Wilayah Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan (Opgab) Pengawasan Orang Asing di wilayah Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara yang terbagi menjadi 3 tim.

 

Kegiatan ini di laksanakan menindak lanjuti rekomendasi hasil Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Wilayah Provinsi NTB beberapa waktu lalu.

 

Penanggung jawab kegiatan Operasi Gabungan Haris Sukamto sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB menyebutkan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk memastikan pelaksanaan event World Superbike (WSBK) Mandalika yang di rencanakan pada tanggal 12-14 November 2021 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Dalam kegiatan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Gili Trawangan ini seluruh anggota Tim Pora melakukan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian dan izin tinggal, perizinan usaha terhadap orang asing tersebut yang bertujuan untuk memastikan legalitas keberadaan dan kegiatan orang asing di Gili Trawangan.

 

“Mengingat di masa Pandemi COVID-19 ini diduga masih adanya orang asing yang tidak memperpanjang Izin Tinggal nya (over stayer) atau melakukan penyalahgunaan izin tinggal,” ungkapnya, Rabu (22/9/2021).

 

“Pukul 10.00 wita, tim tiba di Gili Trawangan dan langsung bergerak ke 3 (tiga) spot wilayah operasi masing-masing yang diduga sebagai tempat penginapan dan tempat bekerja seperti Hotel, Homestay, Villa, Restoran, Diving Center dan Cafe yang berada di seluruh wilayah Gili Trawangan,” sambungnya.

 

Ia menambahkan, Pukul 16.00 Wita, Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Gili Trawangan berakhir dan dilanjutkan dengan Rapat Evaluasi Kegiatan oleh Kepala Divisi Keimigrasian guna menginventarisir dan membahas segala temuan permasalahan di masing-masing tim selama operasi gabungan yang sudah dilaksanakan.

 

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Anggota Tim Pora Tingkat Wilayah Provinsi NTB, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram dan TIM, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima yang telah ikut berpartisipasi dan berkontribusi dengan penuh semangat dalam kegiatan Operasi Gabungan (OPGAB) ini yang berjalan lancar dan baik sekali. Kami secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan Media yang sangat luar biasa mendampingi Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing di Gili Trawangan dari awal sampai selesai yang terlaksana dengan lancar dan baik,” tandasnya.

Share
x

Check Also

Pentingnya Menabung Menurut Al Quran Sebagai Teladan Bagi Umat Islam

Dalam ayat – ayat Al Quran, Allah SWT telah mengajarkan kepada umat Islam betapa pentingnya semangat menabung. ...

Bagaimana Sih Posisi Tidur yang Nyaman di Saat Hamil?

Ibu hamil atau Bumil seringkali mengeluhkan tidur mereka yang terganggu. Memang di saat masa kehamilan ...

Teknologi yang bakal mendominasi di 2024

Perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (IT) global, NTT Ltd., memprediksi pada tahun 2024 pengembangan ...