Peningkatan Kasus Covid, 19 Kabupaten/Kota Diawasi Ketat

MATARAMPOS – Peningkatan kasus konfirmasi virus corona (Covid-19) terjadi di 19 kabupaten/kota dalam beberapa waktu terakhir . Oleh karena itu, pemerintah bakal mengawasi ketat daerah-daerah tersebut, khususnya pada masa libur Nataru.

Menkes Budi Gunadi mengungkapkan, dari 19 daerah itu, tiga di antaranya adalah Fakfak, Purbalingga, dan Lampung Utara. “Kurang lebih 19 kabupaten/kota yang kita monitor secara ketat, kita surveilans secara ketat, karena ada kenaikan kasus walau masih kecil, lebih dari dua minggu,” ujar Budi.

Menurut Budi, tingkat kedisiplinan 19 kabupaten/kota itu dalam melaksanakan testing dan tracing mulai menurun. Hal ini yang membuat 19 daerah itu mengalami peningkatan kasus.

Budi mendorong para kepala daerah di kawasan-kawasan itu untuk terus disiplin dalam melaksanakan tracing dan testing.

“Jadi testing harus dilakukan terhadap orang-orang kontak erat hasil dari tracing. Kami melihat kota-kota yang ada kenaikan, disiplin untuk tracing kontak erat dan melakukan testing bagi orang yang didefinisikan kontak erat sudah sangat rendah,” ungkap Budi.

“Kami imbau semua pimpinan daerah agar selalu meningkatkan dan menjaga disiplin tracing dan juga testingnya. Ini sangat penting utk mencegah gelombang baru,” kata dia menambahkan.

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali. Perpanjangan PPKM berlaku dua minggu pada 23 November hingga 6 Desember.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tren kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali membaik. Namun, PPKM tetap diperpanjang mengantisipasi lonjakan kasus jelang akhir tahun. (jun)

 

Share
x

Check Also

UIN Mataram Jalin Kerjasama Dengan Balai Litbang Agama Semarang

Mataram, MataramPost.com- Kampus Universitas Islam Negeri Mataram (UIN Mataram) jalin kerjasama kelitbangan dengan Balai penelitian ...

Mudik dengan Mobil? Begini Cara Mengatur Muatan Mobil

MATARAMPOS.COM – Momen mudik lebaran 2022 semakin dekat, bagi kamu yang memiliki rencana pulang kampung ...

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...