Antisipasi Varian Omicron, Satgas COVID Mataram Siapkan 3 Lokasi Isolasi Terpusat Khusus WNA-PMI

MataramPost.com- Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat akan memberlakukan kembali isolasi terpusat bagi pekerja migran Indonesia (PMI) atau warga negara asing (WNA) yang masuk ke Mataram. Karantina terpusat guna mencegah penyebaran varian COVID-19 Omicron di daerah ini.

 

“Untuk lokasi isolasi terpusat segera dibahas bersama Tim Satgas COVID-19 Kota Mataram,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Mataram I Nyoman Swandiasa di Mataram, (5/12/2021)

 

Menurut informasi, penyebaran varian COVID-19 Omicron lebih cepat dibanding varian Delta sehingga Satgas harus mengambil langkah cepat dan tepat agar tidak ada temuan kasus.

 

“Untuk lokasi isolasi terpusat, kami ada tiga lokasi alternatif yakni Hotel Nutana, Fizz, dan Wisma Nusantara,” katanya.

 

Dikatakannya, skenario kedatangan PMI hampir sama dengan skenario awal pandemi COVID-19, hanya saja kalau dulu isolasi dilakukan selama 14 hari, sekarang menjadi tujuh hari.

 

“Kemudian ketika kasus COVID-19 melandai, karantina bagi PMI dan warga negara asing hanya tiga hari, tapi sekarang naik lagi menjadi tujuh hari,” katanya.

Hal itu, kata Swandiasa yang juga menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, merupakan bentuk langkah antisipasi pemerintah pusat mencegah masuknya varian COVID-19 baru tersebut.

 

 

“Pemerintah bahkan sudah mengambil tindakan pengawasan untuk masuknya PMI dan WNA melalui beberapa titik di antaranya dari Bali, Riau, Batam, dan Jakarta,” katanya.

 

 

Terkait dengan itu, Kota Mataram sebagai Ibu Kota Provinsi NTB dan pusat kegiatan nasional dan internasional harus melakukan pengawasan maksimal agar tetap berada pada zona hijau COVID-19.

 

 

“Untuk temuan kasus baru COVID-19 di Mataram sudah sangat landai. Dalam dua pekan ini hanya ada satu kasus, itu pun berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan tidak ada temuan lagi ketika petugas melakukan pelacakan kontak,” katanya. (Nur)

 

 

 

 

Share
x

Check Also

Alumni Unpad Diharapkan Terus Jaga Eksistensi untuk Membangun Riau

MATARAMPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR)  Dr drh Chaidir MM ...

IKA Unpad Riau Taja Seminar ‘Menapaki 1001 Fase Kehidupan’

MATARAMPOS.COM, PEKANBARU – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA-UNPAD) Komisariat Daerah (Komda) Riau menaja seminar ...

Ngurus Visa? Lewat e-VOA Imigrasi aja

Bali – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Kamis (10/11/2022), resmi membuka ...