Sering Bepergian? Ini Tips Menghemat Baterai Laptop Agar Kuat Tahan Lama

MATARAMPOS.COM – Meski libur telah tiba, pandemi COVID-19 membuat berbagai kegiatan kita terhambat. Alhasil, pilihan terbaiknya hanya dapat menikmati beberapa aktivitas di rumah saja. Bagaimana jika kita memang harus terpaksa pergi? Ke rumah nenek atau saudara dari keluarga ayah misalnya. Ditambah harus ada sedikit tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan.

Cara terbaiknya dengan membawa laptop saat pergi. Kendati begitu, kekhawatiran kerap muncul, karena takut daya baterai yang dimiliki perangkat tidak kuat tahan lama. Lantas bagaimana mengatasinya?

Dikutip dari detik.com, ada beberapa langkah sederhana bisa diikuti, untuk membuat baterai laptop tahan lama saat perjalanan. Mari simak penjelasan singkatnya berikut.

Tips Menghemat Baterai Laptop

1. Pastikan kalian sudah mematikan laptop, sebelum dimasukkan ke dalam tas atau tempat penyimpanan lainnya.
2. Ketika akan melakukan proses pengisian daya, selalu gunakan adaptor AC bawaan laptop. Jangan pakai barang-barang terkait dengan pihak ketiga.
3. Kurangi level cahaya layar agar lebih redup.
4. Tutup aplikasi atau perangkat lunak lain yang sudah tidak digunakan. Jangan membiarkannya tetap berjalan, padahal kamu tidak mengoperasikannya.
5. Hindari paparan suhu ekstrim. Apabila laptop terkena suhu dingin atau panas yang berlebihan, biarkan laptop mencapai suhu normal terlebih dahulu. Jadi jangan langsung digunakan.
6. Dengan tips super simpel tersebut, kalian bisa lebih tenang menggunakan laptop selama perjalanan. Lalu bagi ineters yang ingin mengganti laptop baru dengan membelinya secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ditambah saat akhir dan awal tahun, banyak promo menarik yang ditawarkan produsen di beberapa e-commerce. Berikut tips yang bisa diikuti.

Tips Aman Belanja Online

1. Yang paling utama, pastikan terlebih dahulu situs url yang kalian kunjungi. Alamat link harus menggunakan https://.
2. Selalu gunakan website dari brand terkemuka yang sudah memiliki sepak terjang cukup baik, terkenal dan terpercaya.
3. Jangan lupa menghindari pembelian menggunakan komputer dan Wi-Fi publik. Kenapa? Karena mungkin saja sudah terselip perangkat lunak (software) berbahaya dan koneksi tersebut tidak aman.
4. Harus memiliki kata/frasa sandi yang kuat. Kalau bisa kombinasikan antara angka, huruf dan karakter khusus.
5. Jangan pernah menggunakan kembali atau mendaur ulang kata sandi. Gunakan autentikasi multi-faktor (MFA) bila memungkinkan.
6. Terakhir ingin mengingatkan agar tidak klik tautan yang mencurigakan.

Share
x

Check Also

Prof Dr Reda Manthovani: Ses deux jambes ont été amputées, mais il est devenu un athlète extraordinaire. (L’histoire d’une athlète paralympique de Paris 2024).

Chef de Mission (CdM) du Contingent Indonésien pour les Jeux Paralympiques de Paris 2024, Prof. ...

Kurangi Ketergantungan Bahan Baku Impor, UKMK Didorong Gunakan Produk Berbahan Sawit

Pelaku usaha kecil, menengah dan Koperasi (UKMK) didorong untuk beralih ke produk berbahan sawit, dalam rangka ...

Waspada Antraks dan PMK, Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan? Ini Kata Pakar

Jumlah daging kurban yang banyak tak memungkinkan bagi kita untuk mengonsumsinya langsung habis. Daging kurban, biasanya ...