Tsunami Terjang Jepang Imbas Gempa Dahsyat Taiwan, 3 Wilayah Kena

Tsunami dilaporkan menerjang Jepang, Rabu (3/4/2024) pagi, saat gempa mengguncang Taiwan. Ini terlihat di tiga wilayah negeri itu.

Para pejabat mengatakan tsunami setinggi 30 sentimeter (cm) terjadi di Pulau Yonaguni pukul 09.18 dan Pulau Miyako pukul 10.50 waktu Jepang. Tsunami setinggi 20 cm juga mencapai Pulau Ishigaki pada pukul 10:42.

Meski begitu, sebelumnya badan peringatan tsunami Jepang telah memberikan peringatan saat gempa Taiwan terjadi. Warning diberikan khsususnya di Prefektur Okinawa di barat daya negara itu.

Warga juga telah dihimbau tetap waspada karena kemungkinan terjadinya gempa lebih besar. Namun saat berita ini diturunkan, peringatan tersebut sudah diturunkan.

Juru bicara pemerintah Jepang mengatakan sejauh ini belum ada laporan kerusakan di negara tersebut. Kepala Sekretaris Kabinet Hayashi Yoshimasa juga menegaskan itu.

“Kami telah mendirikan markas darurat krisis. Nyawa masyarakat adalah yang utama ketika mengambil tindakan yang diperlukan. Kami akan terus mengumpulkan informasi mengenai situasi saat ini,” katanya dikutip dari NHK.

Ini adalah pertama kalinya badan meteorologi mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Prefektur Okinawa sejak Gempa Bumi Besar dan Tsunami Jepang Timur pada tahun 2011. Gempa Taiwan sendiri memiliki magnitudo 7,7 dengan kedalaman 23 kilometer (km).***

Share
x

Check Also

Manfaat Daun Sirsak, Mampu Atasi 12 Jenis Kanker

Sirsak atau Peruvian Graviola ternyata sejak 25 tahun lampau sudah diketahui ampuh jadi pelawan sel ...

Alat Pertanian Buatan Indonesia Diminati Afrika dan Eropa

Tampil di Salon International de l’Agriculture au Maroc (SIAM) Meknes ke-16 yang digelar di Meknes, ...

Kemenkes: Kasus Malaria RI Masih Tertinggi Kedua di Asia

JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat adanya penurunan angka kejadian malaria berkisar 25.000 kasus ...