Di Lombok Boleh Culik Calon Pengantin Loh

LOMBOK – Biasanya jika seorang pria yang menyukai wanita akan menyatakan cinta dengan banyak cara. Seperti memberikan bunga, coklat ataupun kejutan lainnya. Namun ada yang berbeda di Lombok.

Pria Suku Sasak di Nusa Tenggara Barat ini menyatakan cintanya dengan menculik si wanita pujaan hatinya. Pasalnya hal ini dianggap melanggar hukum. Namun hal tersebut tidak berlaku pada Suku Sasak, salah satu suku asli Lombok seperti yang dikutip di liputan6.

Hingga saat ini tradisi menculik anak gadis orang untuk dinikahi masih dilestarikan. Jika seorang pria Suku Sasak menyukai seorang wanita harus menculik wanita tersebut dan membawanya ke rumah keluarga si pria. Lalu, pihak keluarga pria akan menghubungi keluarga wanita untuk memberitahukan bahwasanya ingin meminang anak perempuannya tadi.

Setelah pihak keduanya setuju, maka pernikahan akan dilakukan. Tradisi ini dipercaya dari sebuah mitos. Konon, terdapat putri raja yang sangat cantik dan raja pun memberikan tantangan bagi siapapun yang bisa menculik putrinya, maka pria tersebut dinikahkan dengan putri raja.

Hal inilah yang hingga sekarang masih dipercayai turun temurun oleh Suku Sasak. (*)

Share
x

Check Also

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Tinggi Banten Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial

SERANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ...

JAM Intel Reda Manthovani Dorong Pengelolaan Tambang Timah secara Berkelanjutan & Bertanggung Jawab

PANGKALPINANG – Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intelijen), Prof Dr Reda Manthovani, menegaskan bahwa sektor ...

Kejati Banten Gelar Pasar Murah untuk Rayakan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

SERANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten mengadakan Pasar Murah di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Banten ...