Ini Cara Mudah Mencegah Obesitas

MATARAMPOS.COM – Cara mencegah obesitas penting diketahui masyarakat sejak dini. Pasalnya, obesitas tidak hanya sekadar kelebihan berat badan, tetapi juga termasuk dalam kategori penyakit hingga memicu penyakit yang mematikan, seperti jantung, ginjal, dan diabetes.

“Obesitas itu tidak hanya sekedar kelebihan berat badan sehingga masuk dalam kategori penyakit,” kata Koordinator Substansi P20MGM Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), dr Esti Widiastuti, M.ScPH dalam rangka Hari Obesitas Sedunia, Senin (7/3/2022).

Obesitas dapat terjadi lantaran pola hidup yang buruk, baik kurang tidur, pola makan yang tidak sehat, hingga kurang aktivitas fisik. Lantas, bagaimana cara mencegah obesitas sejak dini?

Dalam kesempatan yang sama, dr Esti pun membeberkan sejumlah cara untuk mencegah obesitas sejak dini, yaitu:

1. Tidak merokok
2. Melakukan aktivitas fisik (olahraga) minimal 30 menit per hari
3. Diet yang sehat (berserat, kalori sesuai kebutuhan, dan gizi seimbang)
4. Istirahat yang cukup
5. Memperhatikan konsumsi kandungan GGL (gula, garam, dan lemak). Disarankan mengkonsumsi gula maksimal 4 sendok makan/hari (50 gram), garam 1 sendok teh/hari (2000 mg/5 gram), dan lemak 5 sendok makan/hari (67 gram)
6. Mengelola stres yang berlebih

Source: detik.com

Share
x

Check Also

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...

PWNU NTB Siap Sukseskan Vaksinasi Booster Sesuai Intruksi PBNU

  MATARAM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), bersama Kementerian Agama dan Kepolisian Republik Indonesia mencanangkan ...

Wow! Apple Watch Bakal Punya Fitur Pemantau Tekanan Darah

MATARAMPOS.COM – Harapan pengguna untuk mendapatkan sensor tekanan darah pada Apple Watch generasi terbaru tampaknya belum ...