Poto simbolis Kakanwil Kemenkumham saat memberikan zakat fitrah kemarin

Kanwil Kemenkumham NTB Salurkan 414 Kg Zakat Fitrah Jelang Idul Fitri

Poto simbolis Kakanwil Kemenkumham saat memberikan zakat fitrah kemarin

Mataram – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 Miladiyah, Senin (10/5/2021), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB menyalurkan 414 kilogram zakat fitrah dan infaq. Zakat fitrah dan infaq tersebut dikumpulkan dari pegawai lingkup Kanwil Kemenkumham NTB.
Kepala Kanwil Kemenkumham NTB Haris Sukamto, A.Ks., S.H.,.M.H. mengungkapkan, zakat fitrah yang terkumpul berupa uang sejumlah Rp. 3.204.000.
“Zakat fitrah dari pegawai yang terkumpul itu dibelikan beras sebanyak 267 kilogram, yang dibagi atau dikemas ke dalam 89 kantong dengan isi masing-masing kantong tiga kilogram beras,” ungkapnya.
Pria dengan panggilan akrab Haris itu juga menyampaikan, selain zakat fitrah terkumpul pula infaq berupa uang Rp. 1.772.000, yang juga dibelikan beras sebanyak 147 kg dan dibagi ke dalam 49 kantong.
“Jadi, total zakat fitrah dan infaq yang berhasil dikumpulkan sebanyak 414 kilogram beras, yang dikemas dalam kantong plastik menjadi 138 kantong,” ujarnya.
Dikatakan, zakat fitrah dan infaq pegawai lingkup Kanwil Kemenkumham NTB itu disalurkan kepada tenaga outsourcing, yang selama ini bertugas di Kanwil Kemenkumham NTB dan masyarakat yang berhak menerima zakat dan infaq.
“Kita bagikan kepada tenaga outsourcig seperti office boy atau OB, driver, dan satpam. Sisanya nanti akan diserahkan langsung kepada amil zakat, untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Haris.
Haris menyebutkan bahwa zakat fitrah yang dikumpulkan itu, dimaksudkan untuk membantu para pegawai lingkup Kanwil Kemenkumham NTB khususnya yang muslim, dalam melaksanakan kewajibannya di bulan suci Ramadhan tahun ini.
“Jadi, jangan dilihat dari jumlahnya, tapi niat dan jaga tali silaturahmi. Semoga menjadi berkah untuk semuanya,” ucap Haris Sukamto. (forta)

Share
x

Check Also

Mudik dengan Mobil? Begini Cara Mengatur Muatan Mobil

MATARAMPOS.COM – Momen mudik lebaran 2022 semakin dekat, bagi kamu yang memiliki rencana pulang kampung ...

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...

Wow! Apple Watch Bakal Punya Fitur Pemantau Tekanan Darah

MATARAMPOS.COM – Harapan pengguna untuk mendapatkan sensor tekanan darah pada Apple Watch generasi terbaru tampaknya belum ...