Vaksinasi Massal Nasional, Pecah Rekor, NTB Vaksinasi Covid-19 33.522 Orang Sehari

MATARAM- Vaksinasi massal Polda NTB Sabtu, 26 Juni 2021 melebihi target. Semula menyasar 20.770 orang. Antusiasme masyarakat tinggi dalam mengikuti vaksinasi di 299 titik ini. Realisasi penyuntikan vaksin menjadi 33.522 orang. Wakil Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Djalillah memantau vaksinasi nasional Covid-19 sejuta sehari di Mapolda NTB, mendampingi Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun.

 

Vaksinasi Covid-19 ini terbagi dalam dua titik. Antara lain di Lapangan Tenis dan Tribun Lapangan Bhara Daksa. Rohmi menanyakan kondisi peserta vaksinasi yang sedang menjalani masa observasi pascapenyuntikan. Sembari pula mengingatkan bahwa vaksinasi bukan syarat mengendurkan protokol kesehatan. Apalagi, suntikan dosis pertama masih harus dilengkapi lagi dengan dosis kedua dalam rentang waktu dua sampai empat pekan.

 

Walaupun sudah vaksin, tapi harus tetap pakai masker ya,” pesannya. Begitu juga dengan protokol cuci tangan dan jaga jarak. Vaksinasi di Polda NTB ini menjadi tolok ukur kemampuan harian Provinsi NTB dalam program percepatan vaksinasi Covid-19.

“Ini pembelajaran untuk bisa menvaksinasi secara terintegrasi serentak di seluruh Puskesmas berikut-berikutnya. Tujuannya agar vaksin yang didrop ke kita bisa secepatnya terserap,” jelasnya.

 

Iqbal menjelaskan, Polda NTB menggelar 299 titik vaksinasi demi menyasar target 20.770 orang pada Sabtu lalu. Diantaranya 173 Puskesmas dan 43 rumah sakit. Sebagai bagian dari rangkaian HUT Bhayangkara ke-75. Vaksinasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia dengan target 1 juta orang dalam satu hari. “Vaksinasi ini sukses besar. Masyarakat berduyun-duyun, semua antusias,” ucapnya.

 

Kegiatan vaksinasi hari itu menguatkan keyakinan target vaksinasi Covid-19 dapat tercapai. Seluruh sumber daya vaksinasi dikerahkan. Termasuk 1.620 orang vaksinator. Baik dari unsur tenaga kesehatan pemerintah daerah maupun Batalyon Vaksinator TNI-Polri. “Kedepannya kita akan terus mencari strategi yang maksimal untuk mencapai target, mencapai ‘herd immunity’ 70 persen dari populasi masyarakat NTB sebanyak 3,57 juta orang dari 5 juta penduduk NTB,” urai Kapolda.

 

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto merinci total jumlah orang yang divaksin Covid-19 pada Sabtu lalu sebanyak 33.522 orang. “Terdiri dari 1.427 orang di Polda NTB dan di Polres jajaran sebanyak 32.095 orang,” sebutnya. Merujuk data kewilayahan yakni 2.234 orang di wilayah Polresta Mataram; 5.727 orang di wilayah Polres Lobar; 4.615 orang di wilayah Polres Loteng; 6.934 orang di wilayah Polres Lotim.

 

kemudian, 2.914 orang di wilayah Polres Lotara; 1.588 orang di wilayah Polres Sumbawa Barat; 3.253 orang di wilayah Polres Sumbawa; 1.220 orang di wilayah Polres Dompu; 2.297 orang di wilayah Polres Bima; dan 1.313 orang di wilayah Polres Bima Kota. Kabiddokkes Polda NTB Kombes Pol Erwin Zainul Hakim, vaksinasi harian dengan target tinggi ini merupakan gambaran kekuatan maksimal yang dimiliki Provinsi NTB dalam program percepatan vaksinasi Covid-19.

 

Erwin menghitung asumsi kasar dengan analogi 1 fasilitas kesehatan melaksanakan vaksinasi 100 orang, maka dalam satu hari tercapai target 26 ribu orang. “Kalau itu 100 hari dijalankan sudah tercapai 2 juta. Jadi dalam tiga bulan urusan herd immunity di NTB sudah tercapai,” tegasnya.

 

Namun, hal itu pun tergantung pada kemampuan pengerahan masyarakat ke titik-titik vaksinasi yang ditentukan. Demikian juga berkenaan dengan suplai vaksin. “Juli ini 246 juta vaksin tersedia di Indonesia, jadi untuk NTB yang 3 juta ini terhitung kecil jadi kita yakin bisa segera tercapai,” tandasnya.

 

Share
x

Check Also

Naik Hingga 80%, Varian Delta Sebabkan Kasus Corona Dunia

MATARAMPOS.COM – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan varian delta telah membuat kasus Covid-19 dunia ...

Positif Covid-19, Dua Harimau Sumatera di Ragunan

MATARAMPOS.COM – Dua Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan positif terpapar Covid-19. Mereka didiagnosis terpapar ...

Bertambah Jadi 223 Orang, WNI di Luar Negeri Meninggal Akibat Covid-19

MATARAMPOS.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mencatat WNI yang meninggal di luar negeri akibat ...