Naik Hingga 80%, Varian Delta Sebabkan Kasus Corona Dunia

MATARAMPOS.COM – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan varian delta telah membuat kasus Covid-19 dunia naik hingga 80%. India adalah negara pertama yang diserah virus corona varian delta, lalu disusul oleh beberapa negara lain, termasuk Indonesia saat ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkata, dalam seminggu terakhir banyak negara – negara di dunia melaporkan peningkatan jumlah kasus, bahkan termasuk China yang sebelumnya sudah sempat mengklaim situasi kondusif di negara itu dari penyebaran virus corona.

“Selama seminggu terakhir dunia masih menghadapi kenaikan kasus global sebanyak 9%, pada tanggal 30 Juli 2021. Dirjen WHO bahkan menyampaikan bahwa dalam 4 minggu terakhir atau 1 bulan terakhir kenaikan kasus global meningkat 80% akibat varian delta, banyak negara khususnya di kawasan Asia Tenggara mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” jelas Retno dalam konferensi pers virtual, Minggu 1 Agustus 2021.

“Kerja keras bersama penting untuk dilanjutkan agar trend penurunan ini terus terjadi di Indonesia,” kata Retno.

Retno mengatakan, selain peningkatan kasus Covid-19, angka kematian global yang disebabkan oleh virus ini juga mengalami peningkatan. Angka kematian pada periode 19-25 Juli 2021 meningkat 21 persen dibanding minggu sebelumnya.

Sekitar 69.000 orang yang meninggal dalam kurun waktu tersebut akibat virus Covid-19. Angka ini, tentunya bukanlah jumlah yang sedikit.

“Angka kematian dunia juga mengalami kenaikan sebesar 10 persen dibanding minggu lalu. Pada periode 19-25 Juli 2021, WHO juga mencatat jumlah kematian sebesar 69.000 orang atau naik 21 persen dibanding minggu sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Retno, dalam menanggulangi wabah virus Covid-19 perlu partisipasi semua pihak. Perlu adanya kerja sama untuk menurunkan penularan virus COVID-19, sehingga pandemi dapat segera diatasi.

Share
x

Check Also

Dorong Perkembangan Usaha Mikro di NTB, Kumham NTB Gandeng Ditjen AHU Adakan Webinar Perseroan Perorangan

MataramPost. Com- Kepala Bidang Pelayanan Hukum, membuka Webinar tentang Perseroan Perorangan (PP) yang juga dihadiri ...

Pendaftaran Resmi Ditutup, Empat Calon Rektor Unram Periode 2022-2026 Ditetapkan

  MataramPost. Com- Sesuai dengan jadwal yang telah disusun Panitia Penjaringan, Penyaringan, dan Pemilihan Rektor ...

Kemenkumham Raih 2 Penghargaan Keuangan dari Kemenkeu

  Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meraih dua penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ...