Mirip Close Friends Instagram, Twitter Mulai Kembangkan Fitur Flock

MATARAMPOS.COM – Twitter sedang mengembangkan fitur baru yang bisa meningkatkan privasi pengguna sambil membatasi audiens cuitannyanya. Fitur bernama Flock ini cara kerjanya mirip seperti Close Friend di Instagram Stories.

Konsep fitur ini sebenarnya sudah diumumkan oleh Twitter sejak Juli tahun lalu. Saat itu mereka mengumumkan tiga konsep fitur yang salah satunya bernama Trusted Friends, dan kini fitur tampaknya mengusung nama baru yakni Twitter Flock.

Fitur ini ditemukan di aplikasi Twitter untuk Android versi 9.27.0-beta.2. Deretan kode yang ditemukan di aplikasi beta itu dengan jelas menunjukkan cara kerja fitur Flock yang memungkinkan pengguna untuk membatasi visibilitas cuitannya ke sekelompok pengguna.

Sama seperti fitur Close Friends di Instagram Stories, Twitter memberi opsi kepada pengguna untuk menambahkan pengguna lain ke dalam Flock-nya dan hanya anggota Flock saja yang bisa melihat dan membalas cuitan mereka.

Developer Alex Paluzzi juga berhasil mengaktifkan fitur ini sebelum dirilis. Dari screenshot yang ia bagikan di Twitter, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan 150 orang ke dalam Flock-nya.

Jika pengguna membatasi cuitannya dan hanya membagikannya ke grup Flock, hanya angota grup yang bisa melihat dan membalas cuitan tersebut.

Pengguna bebas menambahkan atau menghapus orang dari grup Flock-nya kapan saja, dan orang yang ditendang dari grup tidak akan mendapatkan notifikasi dari Twitter. Tapi Twitter akan memberi tahu pengguna jika ada orang lain yang menambahkan mereka ke Flock.

Twitter Flock tentu akan bermanfaat bagi pengguna yang yang memiliki banyak akun, seperti akun pribadi dan akun alternatif untuk membicarakan topik tertentu. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih audiens sesuai dengan topik cuitan yang akan diunggah.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum aktif di update terbaru Twitter. Belum diketahui kapan fitur ini akan diuji coba secara beta untuk kemudian digulirkan semua pengguna.

Source: detik.com

Share
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

3 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Karena Minuman Alkohol, Apa Dampak Buruknya Bagi Kesehatan?

Menurut World Health Organization (WHO), ada 3 juta orang meninggal setiap tahun karena minuman alkohol. ...