Persiapan operasi gabungan Tim Pora Imigrasi Mataram

WSBK 2022 Digelar, Tim Pora Imigrasi Mataram Gelar Operasi Gabungan

Lombok Barat – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Mataram terus memaksimalkan tugas dan fungsi (tusi), untuk kesuksesan even Wordl Superbike Champion (WSBK) Mandalika 2022 dan KTT Presidency G20.

Dalam upaya turut berkontribusi menyambut dan mensukseskan gelaran WSBK Mandalika 2022 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Imigrasi Mataram menggelar Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asin (Pora) selama dua hari di Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB Parlindungan dalam persiapan pelaksanaan Opgab Tim Pora, menekankan terhadap pentingnya sinergitas antar lembaga demi kesuksesan even WSBK Mandalika 2022 di Kuta, Lombok Tengah, termasuk kesuksesan penyelenggaran KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Dimana NTB menjadi salah satu provinsi terdekat dan penyokong kesuksesan even KTT G20.

“Dengan luasnya wilayah kerja Imigrasi Mataram yang meliputi empat kabupaten dan satu kota, maka perlu untuk membentuk tim guna melakukan pengawasan orang asing dengan melibatkan berbagai instansi,” katanya.

Ditemui usai kegiatan Operasi Gabungan Tim Pora, Jumat (11/11/2022), Kepala Sub Seksi Komunikasi Keimigrasian Kanim Mataram Komang Artha Wijaya, mengapresiasi sinergi antar instansi dalam pelaksanaan Opgab Tim Pora.

“Puji syukur, kegiatan operasi gabungan dengan melibatkan berbagai instansi ini telah selesai dengan baik. Kami mengapresiasi kerja keras dan kerjasama tim di lapangan, demi menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh orang asing,” ungkapnya.

Senada dengan Kadiv. Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB, Komang Artha menegaskan, pentingnya sinergi antar instansi dalam Tim Pora merupakan suatu keharusan, terlebih Indonesia saat ini menjadi tuan rumah dua perhelatan akbar skala internasional.

“Kita ketahui saat ini Indonesia menjadi tuan rumah G20 dan NTB menjadi tuan rumah WSBK 2022, untuk itu penting bagi kami untuk bersinergi bersama, guna meminilasir potensi-potensi permasalahan yang mungkin ditimbulkan oleh orang asing, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Operasi Gabungan Tim Pora di bawah koordinasi Imigrasi Mataram dibagi menjadi dua tim. Kedua tim itu kemudian secara serentak bergerak menyasar penginapan, cafe, restoran, bar yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Alhasil, Tim Pora tidak menemukan adanya pelanggaran WNA kaitannya dengan keimigrasian, baik pelanggaran yang dilakukan Warga Negara Asing (WNA) maupun oleh sponsornya.

Turut tergabung dalam Tim Pora Imigrasi Mataram, perwakilan dari unsur Kepolisian, Kejaksaan, TNI dan dari unsur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat. (Nuri)

Share
x

Check Also

Ngurus Visa? Lewat e-VOA Imigrasi aja

Bali – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Kamis (10/11/2022), resmi membuka ...

Imigrasi Mataram Beri Kemudahan Layanan Paspor

Mataram – Dedikasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram di bawah kepemimpinan Onward Victor Manahan ...