Ketahui 5 Perbedaan Label Kadaluwarsa Kemasan Makanan

Menjelang hari Lebaran, ada berbagai diskon yang digelar gerai-gerai belanja. Salah satu item yang cukup banyak didiskon adalah makanan-makanan dalam kemasan di supermarket. Jangan asal kalap membelinya ya,  Anda perlu mengecek tanggal kadaluwarsanya.

Untuk mengetahui kapankah makanan mencapai tanggal kadaluwarsanya, ada beberapa istilah yang digunakan oleh produsen makanan. Dilansir oleh webmd.com, berikut 5 istilah yang terkait kadaluwarsa makanan yang wajib Anda ketahui:

  • “Sell By”

    Label bertuliskan “sell by” menunjukkan seberapa lama toko dapat memajang makanan tersebut. Disarankan Anda membeli makanan tersebut sebelum mendekati tanggal yang tertera. Makanan yang dipajang hingga mencapai tanggal akhir tetap bisa dikonsumsi untuk beberapa saat, tetapi kualitasnya tentu telah menurun.

  • “Best If Used By” atau “Best If Used Before”

    Label ini mengacu pada kualitas, bukan keamanan. Tanggal yang tertera menunjukkan makanan akan mencapai rasa dan kualitas terbaiknya. Misalnya, krim asam akan tetap terasa asam, namun rasanya sudah tak sesegar sebelum masa terbaiknya habis.

  • “Guaranteed Fresh”

    Label ini biasanya dijumpai pada produk-produk roti. Roti masih dapat dimakan setelah tanggal yang tertera, namun telah mencapai puncak kualitas sehingga rasanya tak seenak saat dikonsumsi sebelum batas waktunya.

  • “Use By”

    “Use By” menunjukkan tanggal kadaluwarsa akhir sebuah produk. Umumnya tanggal ini telah diperhitungkan pihak produsen mulai dari pengolahan bahan hingga masa tahan sebuah produk di pasaran.

  • “Pack”

    Biasanya label “pack” ini digunakan pada makanan kalengan. Tetapi untuk membaca tanggal kadaluwarsa tak mudah dan terkadang dalam bentuk kode-kode tertentu. Bisa berupa bulan-hari-tahun-MMDDYY atau kode yang lebih rumit lagi. Tanyakan pada petugas jika Anda tidak yakin dengan kodenya ya, Ladies.

Tak hanya rasa yang lezat ataupun tergiur dengan harga yang murah, membeli makanan dalam kemasan pun butuh ketelitian tinggi. Jangan sampai hanya demi harga murah kesehatan Anda dan keluarga menjadi korbannya.

 

Sumber : Bertuahpos.com

Share
x

Check Also

Hingga Semester 1/2024, Kejari Tangerang Berhasil Pulihkan Keuangan Negara Hingga Rp2,8 Miliar

MATARAMPOS.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang, melalui Jaksa Pengacara Negara bidang Perdata dan Tata Usaha ...

Bencana Iklim Itu Nyata, Masalah Pangan Masa Depan Akan Terjadi, “Ngeri, Kita Harus Hati-Hati”

Pemerintah Indonesia tengah dihadapkan pada kecemasan tinggi terhadap berbagai tantangan dan ancaman bencana iklim yang berpotensi muncul akibat klaim ...

Banjir Produk Impor Jadi Biang Kerok PHK Massal Industri Tekstil Lokal

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal yang terjadi di industri tekstil dan produk tekstil (TPT) lokal, ...