Ilustrasi: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj

1000 Petugas KPPS di NTB Reaktif Covid-19 di Pilkada 2020

MATARAMPOS.COM – Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat sebanyak seribu orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) dinyatakan reaktif Covid-19 usai menjalani rapid tes.

“Di Kabupaten Bima itu ada 600 orang, kemudian di Kabupaten Sumbawa itu ada 400 orang hasil rapid tesnya reaktif, sementara untuk daerah lain yang juga melaksanakan Pilkada kita belum terima hasilnya, karena masih di rekap dan tesnya juga masih sampai besok sebelum pemilihan,” kata Ketua KPUD NTB, Suhardi Soud di Mataram, Senin, 7 Desember 2020.

Suhardi mengatakan, petugas KPPS yang dinyatakan reaktif pada rapid tes akan menjalani tes usap atau swab yang dilaksanakan oleh tim gugus tugas Covid-19 di masing-masing daerah.

“Kalau ada petugas reaktif itu lebih dari dua maka kita ganti, penggantinya kita rapid tes lagi. Tetapi kalau maksimal dua ya tidak diganti. Namun kita istirahatkan kerjanya. Tapi kalau hasil tes usapnya negatif ya kita kerjakan lagi,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang terjadi saat ini menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu di masa pandemi Covid-19. Meski demikian, pihaknya berharap Pilkada di tujuh kabupaten dan kota di NTB tersebut tidak semakin memperbanyak penderita Covid-19.

Kendati demikian, Suhardi Soud memastikan pelaksanaan Pilkada 2020 di tujuh kabupaten dan kota di NTB pada 9 Desember 2020 sudah siap sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Share
x

Check Also

GESID Dukung Keputusan DPR dan Pemerintah soal Revisi UU Desa Terkait Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun

MATARAMPOS.COM, JAKARTA- Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) dan Pemerintah akhirnya sepakati revisi undang-undang desa yang salah ...

Ketika Seorang Ibu Mengajarkan Anaknya Bertemu Rasulullah SAW Setiap Saat

Kisah Hikmah penting untuk bertemu Rasulullah SAW setiap saat. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ...

Alasan Starbucks Disebut Pro-Israel dan Ikut Diboikot

MATARAMPOS.COM – Starbucks menjadi salah satu brand utama gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) atau Boikot, Divestasi, ...