Jangan Disamain, Bedanya Berbisnis dengan Investasi

MATARAMPOS.COM-Berbisnis bisa dimulai oleh siapapun, bahkan generasi Z yang usianya tergolong muda pun bisa melakukannya. Namun masalahnya, kini anak muda banyak yang salah persepsi antara memulai bisnis dan melakukan investasi.

Padahal menurut digital marketer sekaligus millenial entrepreneur Richard Putra investasi dan mulai berbisnis adalah dua hal yang berbeda. Modal yang diperlukan untuk berbisnis bisa lebih banyak dan harus ada perjuangan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan

Sementara investasi, modal hanya disetorkan dan tinggal menunggu keuntungan yang dijanjikan.
“Pengalaman pribadi saya nih sekarang itu banyak gen Z yang mulai coba-coba investasi, jadi kadang menyamakan bisnis dengan investasi. Padahal kalau kita bicara bisnis itu mesti siapin investasi dari segi produk, segi skill, operasional, dan pengembangan,” ungkap Richard.

“Kalau bicara investasi jadi cuma taro duit tiap bulan dapat uang nggak ngapa-ngapain,” katanya.

Dia menjelaskan bagi anak muda yang ingin memulai bisnis dan melakukan investasi harus pintar mengatur penggunaan uang sebagai modal.

Dia mengatakan untuk melakukan investasi harus menggunakan uang yang tidak terpakai sama sekali, menurutnya uang modal untuk berbisnis jangan disatukan untuk melakukan investasi.

“Kalau bicara investasi itu harus siapkan modal yang banyak dan tidak terpakai. Kalau bicara investasi jangan pakai modal buat berbisnis, karena bisnis ini aja resiko, investasi juga penuh resiko, jadi uang harus ada khusus nganggur lah uang itu untuk investasi,” papar Richard.

Dia menyarankan lebih baik fokuskan diri untuk mengurus bisnis sebelum melakukan investasi. Richard mengatakan ada baiknya, keuntungan dari bisnis ditabung terlebih dahulu. Bila sudah terkumpul, baru melakukan investasi.

“Kalau memang uangnya buat putar bisnis, putarlah bisnis dulu. Kita putar di situ dulu. Kalau ada uang nganggur baru lah investasi,” tegas Richard.(detikcom)

Share
x

Check Also

Yuk Ikutan, Bertuahpos Gelar Event Akbar Bertuahpos City Run 2024

MATARAMPOS.COM – Semangat berolahraga kian digaungkan demi terwujudnya masyarakat yang sehat secara fisik dan mental. ...

Serangan Ransomware Lumpuhkan Layanan Imigrasi di Seluruh Indonesia

Serangan ransomware yang menghantam Pusat Data Nasional (PDN) menyebabkan kelumpuhan layanan imigrasi di seluruh Indonesia. Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy ...

Harga Emas Antam Kembali Naik Signifikan hingga Rp8 Ribu/gram

Harga emas Antam, atau Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) kembali mencatatkan kenaikan ...