Ini Sumber Karbohidrat Harian yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

MATARAMPOS.COM–Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting. Terutama pemenuhan kebutuhan sumber karbohidrat yang merupakan sumber energi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Birth Defects Research bahwa diet rendah karbohidrat dan tanpa karbohidrat harus dihindari oleh wanita yang berusaha untuk hamil atau sedang hamil.

Ini dikarenakan karbohidrat memberikan energi dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber serat yang penting untuk pertumbuhan janin di dalam rahim.

Selain itu, ibu hamil yang membatasi karbohidrat setidaknya 30 persen juga lebih mungkin memiliki bayi dengan cacat tabung saraf yang akhirnya dapat menyebabkan kematian bayi atau cacat seumur hidup jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak membatasi asupan karbohidratnya.

“Pola makan ibu sebelum dan selama awal kehamilan memainkan peran penting dalam perkembangan janin,” ujar Tania Desrosier, assistant and professor of epidemiology di the UNC Gillings School of Global Public Health, seperti dilansir detikcom.

Bagi ibu hamil yang tidak dapat bersahabat dengan gluten pun tetap dapat mencari penggantinya. Sehingga, kebutuhan sumber karbohidrat harian tetap dapat terpenuhi guna menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Melansir Parenting First Cry, karbohidrat merupakan makro nutrien yang terdiri dari atom hidrogen, karbon, dan oksigen. Bentuknya tersedia dalam item sederhana seperti gula atau dalam bentuk kompleks seperti serat dan pati.

Makanan seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan produk susu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Sehingga, ibu hamil dapat menjadikan asupan tersebut sebagai sumber karbohidrat harian.

Makanan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan asupan harian lainnya, di antaranya oatmeal, ubi jalar, kentang, jagung, roti gandum, beras merah, kacang polong, dan lainnya.

Jenis makanan ini masuk dalam tipe karbohidrat kompleks yang menjadi sumber makanan yang lebih baik karena membutuhkan waktu lama untuk terurai dan menghasilkan energi selama periode waktu tertentu. ibu hamil dapat mengandalkannya sebagai sumber karbohidrat selama kehamilan.(mg1)

Share
x

Check Also

Lenterahati Islamic Boarding School Cetak Generasi Islam yang Indonesia  

      Lombok Barat – Pengembangan lembaga pendidikan berbasis Islam di Indonesia, harus memiliki ...

Pola Hidup Sehat Karena Pandemi Covid-19

MATARAMPOS – Mulfiani (41 tahun), bekerja sebagai guru di salah satu Sekolah Dasar Gratis khusus ...

Total Vaksin Lengkap Per 5 Desember 99 Juta Orang

MATARAMPOS – Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19, jumlah masyarakat Indonesia yang disuntik vaksin covid-19 ...