Sumber: pixabay.com

Ini 8 Perlengkapan Dapur Agar Memasak Kian Nyaman

MATARAMPOS.COM – Bingung memilih perlengkapan dapur apa saja yang harus dimiliki agar memasak bisa semakin nyaman? Beberapa item berikut harus tersedia. Aneka masakan lezat dapat tersaji setiap hari.

Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dapur tertata, bersih dan rapi. Perlengkapan yang fungsional dan cantik dapat menambah semangat untuk belajar memasak. Beruntung saat ini banyak alat masak yang cantik dan menarik.

8 Peralatan Dapur Penting, Berguna untuk Pemula

Bagi yang baru belajar memasak, membeli perlengkapan dapur bisa menjadi PR yang merepotkan. Apa saja yang harus ada. Jangan sampai barang penting justru tidak tersedia. Namun apabila mempunyai banyak item yang tidak terpakai, selain membuat dapur terasa sempit, juga terkesan kotor dan berantakan.

Sebaiknya membeli beberapa peralatan dasar yang berguna setiap kali memasak. Untuk ukuran, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sering menyiapkan masakan dalam jumlah banyak, pilih yang sedang atau besar. Namun apabila untuk sendiri, ukuran kecil sudah cukup.

Bentuk dan warna peralatan dapur sangat bervariasi. Agar berkesan modern dan simple, pilih warna cerah dan terbuat dari bahan berkualitas. Bagi Anda yang baru belajar memasak, beberapa alat berikut wajib ada:

1. Panci

Fungsi panci penting untuk memasak makanan berkuah. Pilih yang mempunyai pegangan kuat dan anti panas. Dengan demikian memudahkan ketika akan memindahkan dari kompor setelah masakan matang.

Untuk model, pilih yang simpel namun modern. Jika dulu bentuk panci monoton dengan warna perak, saat ini sudah bervariasi. Memasak jadi semakin menyenangkan. Pilih yang terbuat dari bahan stainless steel. Selain awet juga tidak mudah gosong.

Agar tetap higienis, pilih panci lengkap dengan penutupnya. Menutup panci selama proses memasak cepat matang dan menjaganya tetap bersih. Tutup berbahan kaca memudahkan ketika ingin melihat apakah masakan sudah matang atau belum.

2. Wajan

Penggorengan atau yang terkenal dengan nama wajan juga merupakan alat penting. Anda membutuhkannya untuk menggoreng cemilan maupun lauk. Begitu juga ketika menumis sayur. Wajan dapat menjadi perlengkapan dapur minimalis karena multifungsi.

Bentuknya yang cekung menjadikan minyak dapat mengumpul di bagian tengah sehingga saat menggoreng, bahan dapat tercelup dengan sempurna. Jenis pegangan yang panjang memudahkan Anda saat akan mengangkat dan memindahkan dari kompor. Cukup dengan satu tangan saja.

Untuk bahan, stainless lebih bagus. Anti lengketnya membuat gorengan tidak lengket dan tertinggal. Selain bersih juga lebih sehat. Dengan membeli yang berkualitas, Anda cukup mempunyai satu saja karena awet dan mudah dibersihkan.

3. Spatula

Item ini sangat penting. Anda membutuhkannya untuk mengaduk atau membalik masakan yang sedang digoreng. Bahan pembuatnya bermacam-macam. Ada yang dari kayu, nylon, silikon dan logam. Spatula dapat menjadi peralatan dapur kekinian karena bentuk dan warnanya bermacam-macam.

Sebaiknya pilih bahan yang tidak bisa menimbulkan goresan. Anti lengket pada wajan atau panci dapat terkelupas karena gesekannya. Bahan kayu cukup aman dan mempunyai nilai estetik.

Agar tidak mudah terbakar dan rusak karena panas, pilih yang berlapis cat PVC. Bahan kayu juga dapat menghindari kemungkinan terkena kanker. Silicon pun mempunyai daya tahan panas cukup tinggi.

4. Talenan

Alat ini berguna sebagai tatakan ketika memotong sayur, daging, bumbu atau bahan lainnya. Bahan pembuatnya ada yang dari kayu, plastik dan lainnya. Pilih yang mempunyai permukaan licin sehingga tidak meninggalkan bahan terselip di dalamnya.

Segera cuci dengan sabun dan keringkan agar tidak tumbuh jamur dan bakteri. Keduanya selain merusak bahan talenan juga dapat menimbulkan penyakit. Cukup gantung pada gantungan di dapur, air yang ada di permukaan akan cepat tiris.

5. Pisau

Pisau penting untuk memotong bungkus, bahan makanan dan bumbu. Sediakan dalam beberapa ukuran. Untuk memotong bumbu dan sayur cukup dengan pisau berukuran kecil. Sedang untuk memotong daging, gunakan yang lebih besar dan tajam.

Sesekali, Anda perlu mengasah permukaannya agar tetap tajam. Ketika membelinya, jangan lupa untuk membeli alat asah sekaligus. Agar aman dan tidak mudah mengenai tangan saat tidak sedang menggunakannya, pilih pisau yang mempunyai pembungkus. Selalu pastikan kondisinya bersih sebelum menyimpan.

6. Tatakan untuk meja

Tatakan untuk meja terbuat dari bahan bermacam, kayu, stainless, kain dan karet. Fungsinya adalah untuk melindungi permukaan meja dari dasar panci yang kotor atau panas. Panas pada dasar panci bisa menyebabkan permukaan meja rusak.

Perlengkapan ini dapat menjadi barang yang unik dan berfungsi sebagai hiasan. Ambil tatakan ketika Anda memindahkan panci ke dapur agar kotor di permukaannya tidak menghilangkan selera makan.

7. Pot holder

Pot holder adalah pelindung tangan dari panas ketika mengangkat panci atau wajan. Bahannya bisa terbuat dari kain tebal atau karet yang lentur. Ketika membelinya, perhatikan bagian permukaan yang bersentuhan langsung dengan alat masak. Pastikan tidak licin yang dapat menyebabkan alat masak terlepas.

8. Affordable Towel

Affordable towel dapat menjadi perlengkapan dapur unik karena bentuknya yang lucu. Begitu juga warnanya sangat bervariasi. Handuk kecil ini berfungsi untuk mengelap setelah mencuci tangan atau mengeringkan piring.

Sebagai lap tangan, gantungkan perlengkapan tambahan ini di samping kran yang mudah terjangkau. Sekarang, mengeringkan tangan setelah mencucinya menjadi lebih mudah. Alat ini sering kali terlupakan saat membeli perlengkapan dapur, padahal fungsinya tidak kalah penting.

Anda dapat membeli Affordable towel di toko perlengkapan dapur. Selain itu bisa juga di toko online seperti Blibli. Baca keterangan dan ulasannya sebelum memilih agar mendapatkan produk seperti harapan.

Blibli menyediakan aneka peralatan dapur, lengkap dan berkualitas. Pilihannya juga sangat banyak sehingga bisa leluasa untuk menentukan produk yang akan menemani Anda memasak.

Belilah produk berkualitas sesuai kebutuhan sehingga awet dan memiliki nilai fungsional sehingga dapur tidak penuh dengan berbagai jenis barang yang tidak terpakai. Perlengkapan dapur yang bagus dan berkualitas tentunya dapat menambah semangat untuk belajar memasak. (red)

Share