Ini Sumber Karbohidrat Harian yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

MATARAMPOS.COM–Memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting. Terutama pemenuhan kebutuhan sumber karbohidrat yang merupakan sumber energi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Birth Defects Research bahwa diet rendah karbohidrat dan tanpa karbohidrat harus dihindari oleh wanita yang berusaha untuk hamil atau sedang hamil.

Ini dikarenakan karbohidrat memberikan energi dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber serat yang penting untuk pertumbuhan janin di dalam rahim.

Selain itu, ibu hamil yang membatasi karbohidrat setidaknya 30 persen juga lebih mungkin memiliki bayi dengan cacat tabung saraf yang akhirnya dapat menyebabkan kematian bayi atau cacat seumur hidup jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak membatasi asupan karbohidratnya.

“Pola makan ibu sebelum dan selama awal kehamilan memainkan peran penting dalam perkembangan janin,” ujar Tania Desrosier, assistant and professor of epidemiology di the UNC Gillings School of Global Public Health, seperti dilansir detikcom.

Bagi ibu hamil yang tidak dapat bersahabat dengan gluten pun tetap dapat mencari penggantinya. Sehingga, kebutuhan sumber karbohidrat harian tetap dapat terpenuhi guna menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Melansir Parenting First Cry, karbohidrat merupakan makro nutrien yang terdiri dari atom hidrogen, karbon, dan oksigen. Bentuknya tersedia dalam item sederhana seperti gula atau dalam bentuk kompleks seperti serat dan pati.

Makanan seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan produk susu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Sehingga, ibu hamil dapat menjadikan asupan tersebut sebagai sumber karbohidrat harian.

Makanan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan asupan harian lainnya, di antaranya oatmeal, ubi jalar, kentang, jagung, roti gandum, beras merah, kacang polong, dan lainnya.

Jenis makanan ini masuk dalam tipe karbohidrat kompleks yang menjadi sumber makanan yang lebih baik karena membutuhkan waktu lama untuk terurai dan menghasilkan energi selama periode waktu tertentu. ibu hamil dapat mengandalkannya sebagai sumber karbohidrat selama kehamilan.(mg1)

Share
2021-03-11
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...

Exit mobile version