Tampil Lebih Sporty, Honda HR-V 2021 Dapat Sentuhan Mugen

MATARAMPOS.COM – Honda telah meluncurkan HR-V 2021 generasi terbaru. Mobil yang mengusung nama Honda Vezel di Jepang tersebut kini hadir dengan sentuhan yang lebih sporty.

Dikutip dari detikcom, Honda HR-V di Jepang mendapatkan paket aftermarket Mugen. Mugen merupakan perusahaan yang didirikan oleh Hirotoshi Honda, pendiri Honda Soichiro Honda. Mugen terkenal dengan mobil-mobilnya yang sporty.

Meskipun Mugen bukanlah divisi atau anak perusahaan Honda karena berdiri sendiri sebagai sebuah perusahaan, Mugen dipandang sebagai tuner in-house dan di antara perusahaan aftermarket pertama yang meluncurkan produk untuk model yang baru diluncurkan.

Kini giliran Honda Vezel atau HR-V spesifikasi JDM mendapat sentuhan Mugen. Mulai dari body kit lengkap hingga part lain seperti wind deflectors hingga alas lantai.

Tak disebutkan apakah Honda HR-V Mugen ini mendapat sentuhan peningkatan teknis atau tidak. Tapi, Mugen menawarkan sistem knalpot kustom dan filter udara baru yang berasal dari mobil balap Super GT dan Super Formula series.

Honda HR-V MugenHonda HR-V Mugen Foto: Dok. Honda
Sepasang velg 18 inci dengan finishing dua warna juga tersedia. Velg Honda HR-V Mugen ini lebih ringan dari versi OEM.

Setelah diperkenalkan pada Februari 2021 lalu, Honda HR-V generasi ketiga sudah dijual di pasar Jepang. Berikut detail harga Honda HR-V 2021 di Jepang:

– Honda HR-V Tipe G Bensin: 2.279.200 yen (Rp 307 jutaan)
– Honda HR-V e:HEV X hybrid: 2.658.700 yen (Rp 358 jutaan)
– Honda HR-V e:HEV Z: 2.898.500 yen (Rp 390 jutaan)
– Honda HR-V e:HEV PLaY: 3.298.900 yen (Rp 444 jutaan).

Honda HR-V dengan mesin bensin dibekali jantung pacu 1.500 cc i-VTEC yang sama seperti HR-V di Indonesia, tapi dengan double overhead cams. Mesin itu memiliki tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Sedangkan HR-V e:HEV memiliki motor listrik bertenaga 131 PS dengan torsi maksimal 253 Nm. Motor listrik tersebut dikawinkan dengan mesin Atkinson-cycle 1.500 cc bertenaga 106 PS dengan torsi maksimal 127 Nm.

Baterai lithium-ion Intelligent Power Unit (IPU) yang lebih besar mendukung tenaga untuk motor listriknya.

Honda mengklaim angka konsumsi bahan bakar hingga 17 km per liter untuk model bensin dan 25 km per liter untuk e: HEV. Kedua varian hadir dengan penggerak semua roda sebagai pilihan. (mg1)

Share
x

Check Also

Prof Dr Reda Manthovani: Ses deux jambes ont été amputées, mais il est devenu un athlète extraordinaire. (L’histoire d’une athlète paralympique de Paris 2024).

Chef de Mission (CdM) du Contingent Indonésien pour les Jeux Paralympiques de Paris 2024, Prof. ...

Kurangi Ketergantungan Bahan Baku Impor, UKMK Didorong Gunakan Produk Berbahan Sawit

Pelaku usaha kecil, menengah dan Koperasi (UKMK) didorong untuk beralih ke produk berbahan sawit, dalam rangka ...

Waspada Antraks dan PMK, Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan? Ini Kata Pakar

Jumlah daging kurban yang banyak tak memungkinkan bagi kita untuk mengonsumsinya langsung habis. Daging kurban, biasanya ...