Menurun, Kasus Covid-19 di NTB

MATARAMPOS – Wakil Gubernur NTB Siti Rohmi Djalilah memastikan terjadi tren penurunan kasus Covid-19 di wilayahnya. Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19, Senin (30/8/2021). Siti Rohmi menuturkan, meski  terjadi tren penurunan, protokol kesehatan tidak boleh lengah. Hal ini agar roda ekonomi tetap berputar. Salah satu pencegahan penularan juga aktif dilakukan testing dan  tracing kepada orang yang kontak dengan pasien Covid-19.

“Program testing, tracing dan treatment alhamdulillah sudah semakin baik,” ucapnya dikutip dari portal resmi Pemprov NTB, Selasa (31/8/2021). Wagub menambahkan posko-posko PPKM perlu terealisasi nyata di NTB serta terlaporkan dengan baik agar yang menderita Covid-19 dapat isolasi terpadu.

“Saat ini sudah terdapat 891 posko desa/kelurahan, 116 posko kecamatan dan 10 posko kabupaten/kota,” katanya.

Hingga Senin (30/8/20210) dari data Covid-19 di NTB mencapai otal 25.667 orang. Rinciannya, 1.121 orang dirawat, 23.734 sembuh dan 812 meninggal.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan NTB menyampaikan bahwa pemerintah semakin mengiatkan vaksinasi terutama vaksinasi kedua. Alasannya, jika masyarakat yang telah divaksin pertama terlambat hingga sebulan maka kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 tidak dapat terbentuk.

 

“Pemerintah kabupaten/kota segera menghabiskan stok vaksin yang ada di gudang dan tidak perlu menunggu terlalu lama agar stok vaksin tidak rusak dan dapat meminta untuk dari pusat untuk dikirimkan stok vaksin baru,” katanya. Untuk stok oksigen di NTB juga cukup terkendali. Terpantau angka kematian di Provinsi NTB mengalami penurunan dibandingkan minggu sebelumnya yaitu sebesar 0,75/100.000 penduduk. “Jumlah oksigen dalam tiga minggu terakhir cukup terkendali. Tapi, perlu dilakukan upgrade kemampuan untuk mengisi oksigen di beberapa kabupaten/kota,” ujar beliau. (b19)

Share
x

Check Also

GESID Dukung Keputusan DPR dan Pemerintah soal Revisi UU Desa Terkait Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun

MATARAMPOS.COM, JAKARTA- Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) dan Pemerintah akhirnya sepakati revisi undang-undang desa yang salah ...

Ketika Seorang Ibu Mengajarkan Anaknya Bertemu Rasulullah SAW Setiap Saat

Kisah Hikmah penting untuk bertemu Rasulullah SAW setiap saat. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ...

Alasan Starbucks Disebut Pro-Israel dan Ikut Diboikot

MATARAMPOS.COM – Starbucks menjadi salah satu brand utama gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) atau Boikot, Divestasi, ...