Punya Banyak Nutrisi, Inilah Manfaat dari Buah Bit

MATARAMPOS.COM – Buah bit adalah sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah, bit tanaman, atau hanya bit.

Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman lainnya.

Namun, karena warnanya yang unik berwarna merah banyak yang menyebutnya buah.

Bit mengandung nutrisi yang sangat penting, seperti sumber serat, folat (vitamin B9), mangan, potasium, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, buah bit juga mengandung rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan antioksidan.

Berikut merupakan manfaat dari buah bit menurut detik.com:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ataupun organ jantung. Ditambah lagi, tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

Untuk itu, cara mencegah penyakit ini bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan nitrat anorganik agar tekanan darah di dalam tubuh menjadi stabil. Salah satu tanaman yang memiliki kandungan nitrat anorganik adalah buat bit.

Menurut studi, buah bit atau jus bit dapat mengurangi tekanan darah hingga 3-10 mm Hg selama beberapa jam loh.

2. Dapat mencegah kanker
Kandungan buah bit dipercaya dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker. Buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker lantaran kandungan antioksidan yang dimilikinya.

3. Menurunkan berat badan
Siapa sih yang tak mau memiliki tubuh yang ideal? Semua orang pasti menginginkannya. Nah, buah bit dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat loh.

Bahkan, buah ini bisa menjaga berat badan lantaran memperlancar proses detoksifikasi khususnya lemak dalam tubuh. Bagi yang ingin mencoba, silahkan mengonsumsinya dengan membuat jus buah bit segar.

4. Mengurangi peradangan inflamasi
Buah bit mengandung senyawa antiinflamasi yang disebut betalains. Menurut sebuah studi tahun 2014, betalain disebut phenethylamine-betaxanthin yang bisa mengurangi aktivitas enzim inflamasi sebesar 32 persen.

5. Baik untuk ibu hamil dan janin
Kandungan folat pada buah bit sangat baik untuk janin. Bagaimana tidak? folat dipercaya dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat dan prematur. Namun, dalam anjurannya, mengonsumsi buah bit tidak boleh terlalu banyak ya.

6. Mencegah anemia
Buah bit kaya akan zat besi, sebuah komponen yang sangat penting di dalam sel darah merah. Tanpa adanya zat besi, sel darah merah tidak akan mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Orang yang memiliki kadar zat besi rendah bisa memicu anemia. Gejala dari kondisi ini dapat berupa kelelahan, pusing, sesak napas, sakit kepala, dan detak jantung yang sangat cepat.

7. Melindungi hati
Buah bit memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi, yang dipercaya dapat melindungi hati dari inflamasi dan stres oksidatif, serta meningkatkan kinerjanya untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Sebagai informasi, stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara radikal bebas (pro oksidan) dan antioksidan yang dipicu oleh dua kondisi umum, yaitu kurang antioksidan dan kelebihan produksi radikal bebas.

8. Meningkatkan kecerdasan otak bayi
Kandungan folat yang terkandung di dalam buah bit sangat bermanfaat untuk otak bayi loh. Terutama membantu tingkat kecerdasan otak bayi.

Untuk itu, bumil disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung kandungan folat yang cukup seperti buah bit.

9. Meningkatkan kesuburan
Buah bit berperan dalam menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk kesuburan wanita. Mengonsumsi si merah ini bisa dengan cara membuat jus segar. Kononnya dalam 12 hari dapat dirasakan khasiatnya oleh para wanita.

10. Baik untuk ginjal
Selain menjaga hati, buah bit dapat membantu membersihkan ginjal dari racun yang tertimbun di dalam tubuh.

11. Mengatasi ketombe
Memiliki ketombe di kepala memang sangat menyebalkan. Ditambah lagi jika harus mengganti sampo berulang kali untuk menemukan yang cocok di kepala dan rambut. Akan tetapi, masalah ini dapat diatasi dengan buah bit.

Cara menggunakannya: Rebus buah bit dengan air, kemudian oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala.

12. Mengatasi masalah pencernaan
Buah bit memiliki kandungan serat yang sangat banyak dan tentunya bagus untuk kesehatan. Serat bisa membantu melunakkan tinja sehingga orang yang sedang membuang air besar (BAB) merasa nyaman dan lancar.

13. Meningkatkan stamina
Manfaat buah bit selanjutnya adalah meningkatkan stamina. Jus buah bit dapat membantu hati dan paru-paru bekerja dengan baik selama berolahraga. Kandungan oksida nitrat dari buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otot.

Share
x

Check Also

Mudik dengan Mobil? Begini Cara Mengatur Muatan Mobil

MATARAMPOS.COM – Momen mudik lebaran 2022 semakin dekat, bagi kamu yang memiliki rencana pulang kampung ...

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...

PWNU NTB Siap Sukseskan Vaksinasi Booster Sesuai Intruksi PBNU

  MATARAM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), bersama Kementerian Agama dan Kepolisian Republik Indonesia mencanangkan ...