Kemenparekraf genjot kunjungan wisatawan domestik dengan promo wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan berbagai asosiasi travel dan online travel agent untuk menghadirkan paket promo wisata guna meningkatkan perjalanan wisatawan domestik.

“Nanti akan ada kolaborasi dengan Astindo (Asosiasi Travel Agent Indonesia). Mereka juga akan menyiapkan promo-promonya,” kata Sandiaga kepada wartawan setelah acara kickoff Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Jakarta, Senin (26/2) malam.

Sandiaga melanjutkan, “Online travel juga ada jejakin, jalanin, traveloka, tiketcom, itu mereka menyiapkan paket-paket promonya.”

Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga disebut akan menyiapkan paket promo kereta api reguler untuk perjalanan pada hari Senin sampai Kamis semua jurusan berupa potongan 10—20 persen guna menyukseskan gerakan bangga berwisata di Indonesia.

Pada hari Senin sampai Kamis dipilih, kata dia, karena tingkat okupansi kereta api pada hari-hari tersebut disebut relatif rendah.

Sementara itu, Sandiaga mengakui harga tiket pesawat hingga saat ini masih mahal dan menjadi tantangan utama dalam meningkatkan pariwisata Indonesia.

Ia mengatakan bahwa solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambah jumlah penerbangan dan jumlah pesawat di Indonesia.

“Transportasi udara ini mohon dukungannya karena kami terus dikomplain berat soal harga tiket. Namun, itu memang tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di seluruh dunia,” tuturnya.

Pemerintah menargetkan perjalanan wisata nusantara pada tahun 2024 mencapai 1,25–1,5 miliar perjalanan. Sementara itu, perputaran uang pada sektor wisata ditargetkan mencapai Rp3.000 triliun dan transaksi produk ekonomi kreatif sebesar Rp1.187 miliar.***

Share
x

Check Also

Pentingnya Menabung Menurut Al Quran Sebagai Teladan Bagi Umat Islam

Dalam ayat – ayat Al Quran, Allah SWT telah mengajarkan kepada umat Islam betapa pentingnya semangat menabung. ...

Bagaimana Sih Posisi Tidur yang Nyaman di Saat Hamil?

Ibu hamil atau Bumil seringkali mengeluhkan tidur mereka yang terganggu. Memang di saat masa kehamilan ...

Teknologi yang bakal mendominasi di 2024

Perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (IT) global, NTT Ltd., memprediksi pada tahun 2024 pengembangan ...