Pilpres Iran : Hassan Rouhani Kalahkan Ebrahim Raisi

Hasil pilpres Iran sudah diketahui. Hassan Rouhani bakal kembali menjadi Presiden Iran. Itu setelah dia menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Iran tahun 2017 ini. Dia unggul 58,6% mengalahkan pesaingnya, Ebrahim Raisi.

Dalam pilpres ini, Iran hanya menempatkan empat kandidat, yang suaranya hanya didominasi Rouhani dan Ebrahim Raisi yang memperoleh suara 39,8%. Itu setelah beberapa kandidat mengundurkan diri.

Menurut Al-Jazeera, Sabtu (20/5/2017), dua capres lainnya Mostafa Mirsalim dan Mostafa Hashemitaba hanya mendapatkan suara sekitar 1 %.

Dan dengan kemenangan ini, maka Rouhani akan kembali memimpin Iran dalam empat tahun ke depan. Rouhani selalu menyerukan kebebasan dan membuat Iran menjalin hubungan yang lebih luas dengan dunia.

Rouhani telah mewujudkan harapan Iran yang lebih liberal dan berpikiran reformatif untuk mendapatkan kebebasan politik yang lebih besar. Dia juga membuat hubungan yang lebih baik dengan dunia luar.

Dalam pilpres ini proses pemungutan suara digelar pada Sabtu, 19 Mei dengan total 40 juta pemilih. Besarnya antusiasme dan jumlah pemilih yang datang, waktu pemungutan suara terpaksa diperpanjang hingga lima jam dari waktu awal yang ditentukan.  jss

Share
x

Check Also

Alumni Unpad Diharapkan Terus Jaga Eksistensi untuk Membangun Riau

MATARAMPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR)  Dr drh Chaidir MM ...

IKA Unpad Riau Taja Seminar ‘Menapaki 1001 Fase Kehidupan’

MATARAMPOS.COM, PEKANBARU – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA-UNPAD) Komisariat Daerah (Komda) Riau menaja seminar ...

WSBK 2022 Digelar, Tim Pora Imigrasi Mataram Gelar Operasi Gabungan

Lombok Barat – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Nusa Tenggara Barat ...