Puasa Pertama, Ini Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat

Pada awal puasa ini, biasanya kita akan merasa lemas. Itu adalah hal yang wajar. Sebab tubuh kita butuh penyesuaian dengan kebiasaan yang baru. Namun, bukan berarti untuk bermalas-malasan dengan alasan puasa.

Nah, untuk itu perlu menjaga kesehatan di bulan puasa agar tetap bugar dan sehat tentunya. Berikut tips menjaga tubuh Anda agar tetap sehat:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Pada bulan puasa, biasa menimbulkan haus dan dehidrasi ringan karena tubuh kita memerlukan kurang lebih 1,5 liter air setiap harinya. Maka dari itu, minumlah secukupnya saat sahur dan mendekati imsak.

2. Konsumsi Makanan Sehat Saat Sahur

Makan sahur sangatlah penting untuk mengawali puasa, karena tubuh kita tidak akan mendapat asupan makanan sekitar 14 jam. Untuk itu usahakanlah makan sahur dan pilih makanan yang berprotein tinggi.

3. Tidak Tidur Setelah Sahur dan Istirahat yang Cukup pada siang hari

Usahakan tidak tidur setelah sahur. Karena tidur setelah sahur dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan tidur siang yang cukup. Jangan terlalu lama. Jika tidur siang terlalu lama juga bisa membuat tubuh Anda menjadi lemas.

4. Segerakan Berbuka Puasa

Seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW, jika waktu berbuka tiba, maka bersegeralah berbuka puasa. Makan beberapa biji kurma terlebih dahulu agar memulihkan kadar gula dengan cepat, dan minum air putih tentunya. Hindari makan berlebihan karena akan menimbulkan kantuk jika porsi makan yang banyak dan hindari minum air dingin ya.  (*)

Share
x

Check Also

Pentingnya Menabung Menurut Al Quran Sebagai Teladan Bagi Umat Islam

Dalam ayat – ayat Al Quran, Allah SWT telah mengajarkan kepada umat Islam betapa pentingnya semangat menabung. ...

Bagaimana Sih Posisi Tidur yang Nyaman di Saat Hamil?

Ibu hamil atau Bumil seringkali mengeluhkan tidur mereka yang terganggu. Memang di saat masa kehamilan ...

Teknologi yang bakal mendominasi di 2024

Perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (IT) global, NTT Ltd., memprediksi pada tahun 2024 pengembangan ...