Hindari Susu hingga Soda, Ini 7 Minuman Dapat Sebabkan Kembung

MATARAMPOS.COM – Perut kembung akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hindari beberapa minuman penyebab kembung ini agar perut tetap nyaman sepanjang hari.

Perut kembung merupakan kondisi dimana perut terasa seperti terisi penuh dengan gas atau air. Perut kembung akan menimbulkan rasa yang mengganggu dan bahkan memicu gangguan pencernaan.

Kembung dapat disebabkan oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Beberapa makanan dan minuman memiliki kandungan yang dapat menghasilkan gas dan air secara berlebih di dalam perut.

Perut kembung juga bisa dihasilkan dari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan pemicu naiknya asam lambung. Para ahli gizi telah memperingatkan untuk sebisa mungkin kurangi konsumsi minuman-minuman yang berefek buruk bagi usus dan perut.

Dikutip dari Byrdie (22/12), berikut ini 7 minuman penyebab kembung yang perlu dihindari:

1. Kopi

Kopi dapat menjadi penyebab utama perut kembung. Konsumsi kopi dapat meningkatkan pergerakan usus besar, menstimulasi asam, serta berpotensi menghasilkan reflux dalam pencernaan.

Kopi juga bisa menimbulkan gejala sakit perut seperti gastritis, iritasi perut serta gangguan pada perut lainnya. Konsumsi kopi bisa diganti dengan teh herbal, teh hijau serta jenis teh lainnya yang sama-sama mengandung kafein.

2. Susu

Kembung setelah minum susu akan dialami oleh mereka yang intoleran terhadap laktosa. Saat susu masuk ke sistem pencernaan dan belum tercerna dengan baik, susu akan menyerap banyak air dari usus yang akan menimbulkan gas, kembung dan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi asupan protein hewani dari susu, para penderita intoleran laktosa bisa mengganti susu hewani menjadi susu nabati. Misalnya susu almond dan susu nabati lainnya.

3. Jus Apel

Jus apel secara alami mengandung gula yang sulit dicerna bernama sorbitol. Sorbitol ini dikaitkan dengan efeknya yang dapat menyebabkan masalah pada perut seperti diare, gas dan kembung.

Lebih parahnya, beberapa jus apel kemasan mengandung pemanis buatan tambahan yang mengandung sorbitol secara kimia. Sorbitol tambahan yang berasal dari buatan bahan kimia ini akan lebih sulit lagi untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

4. Minuman Gurih

Garam pada umumnya adalah penyebab utama perut kembung. Garam menyebabkan tubuh mempertahankan air sebagai cara untuk mencairkan kelebihan garam dalam tubuh. Jadi mengonsumsi minuman asin akan menyebabkan kelebihan air yang tidak perlu.

“Terlalu banyak natrium dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi yang dapat berubah menjadi sejumlah masalah lain, seperti kesehatan jantung yang buruk, penyakit ginjal, dan stroke,” kata ahli gizi Lexi Aiassa.

5. Minuman Bersoda

Menurut penulis Go With Your Gut, Robyn Youkilis, minuman berkarbonasi dalam bentuk apapun dapat menyebabkan kembung. Gelembung dalam minuman berkarbonasi atau soda sebenarnya adalah gas yang bisa akan masuk ke dalam perut.

Gas yang masuk secara berlebihan ke dalam perut akan membuat perut terasa seperti telah dipompa. Hal ini akan serpa efeknya dengan kondisi pada saat perut kelebihan asupan air.

6. Minuman alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung alami lambung dan menyebabkan gastritis. Saat lapisan alami pada lambung terganggu, perut akan lebih rentan terhadap asupan yang diterima.

“Minuman beralkohol dapat menciptakan lebih banyak asam lambung. Terlalu banyak asam lambung akan menyebabkan peradangan pada lapisan usus yang berarti menyebabkan pembengkakan pada tubuh,” kata Aiassa.

7. Minuman Manis

Gula menjadi makanan utama bakteri di dalam usus. Maka, saat mengonsumsi minuman manis yang tinggi gula secara otomatis akan meningkatkan risiko inflamasi, mengurangi fungsi imun dan gangguan metabolisk lainnya.

Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman manis dengan tinggi gula terutama gula buatan. Pilih minuman dengan pemanis yang terbuat secara alami seperti madu dan pemanis alami lainnya. (mg1)

Share
x

Check Also

Ustadz Hilmi Firdausi Minta Pemimpin Islam Contoh Justin Trudeau

MATARAMPOS – Dai Ustadz Hilmi Firdausi meminta pemimpin umat Islam mendengarkan dan mencontoh Perdana Menteri ...

Kemenkumham Berikan Bantuan Hukum Gratis bagi Masyarakat Miskin

  Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM ajukan anggaran sekitar 55 milyar rupiah pada Rencana ...

Perkuat Akses Informasi Pelayanan Publik, Kemenkumham Siapkan Database Melalui SIPP

Yogyakarta – Jumlah pelayanan publik yang dikelola Pemerintah Indonesia hingga saat ini jumlahnya sangat banyak.  ...