Ini 5 Makanan yang Cocok Jadi Menu Sarapan Karbohidrat Sehat

MATARAMPOS.COM – Agar tubuh lebih berenergi, penting untuk memilih menu sarapan sehat. Seperti asupan karbohidrat selain nasi, yang cocok jadi menu sarapan bergizi.

Meski sering dihindari saat orang-orang sedang diet, asupan karbohidrat ini penting untuk menambah energi pada tubuh. Sumber karbohidrat sehat cukup beragam. Ada yang dari buah-buahan hingga umbi-umbian.

Tak hanya nasi yang bikin kenyang. Sarapan dengan makanan-makanan sehat kaya akan karbohidrat sehat juga bisa menambah asupan vitamin dan gizi pada tubuh.

Dikutip dari detikcom, seperti ubi yang kaya akan sumber potassium dan vitamin A. Kemudian ada juga jagung, pengganti nasi yang mengenyangkan lengkap dengan kandungan vitamin C nya tinggi.

Dilansir dari Medical News (28/03), berikut lima makanan karbohidrat yang sehat untuk tambah energi saat sarapan.

1. Jagung

Jagung jadi alternatif karbohidrat yang populer setelah kentang dan nasi. Selain mudah di dapatkan, serta harganya yang cukup terjangkau, jagung bisa diolah ke dalam berbagai makanan.

Jagung bisa diolah jadi jagung bakar atau rebus, dicampur dalam sup, hingga diolah menjadi campuran salad dan perkedel. Di dalam 100 gram jagung, setidaknya mengandung 25 gram karbohidrat di dalamnya.

Juga mengandung 3,36 gram protein. Kandungan vitamin C dalam jagung cukup tinggi. Lewat sebuah penelitian kesehatan di tahun 2007 lalu, jagung dipercaya dapat memberikan efek positif pada gula darah dan tekanan darah tinggi.

2. Ubi

Penggemar ubi panggang atau ubi kukus, mulai melirik umbi yang satu ini untuk jadi menu sarapan sehat dan mengenyangkan. Ubi punya tekstur yang padat sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama.

Di dalam satu buah ubi ukuran sedang (medium) lengkap dengan kulitnya mengandung sekitar 23,61 gram karbohidrat. Ubi yang manis merupakan sumber potassium, vitamin A dan C.

Beberapa peneliti juga menemukan bahwa kandungan molekul karbohidrat pada ubi. Kemungkinan besar memiliki antioksidan serta sebagai antitumor, yang membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

3. Pisang

Mirip seperti jagung dan ubi, pisang ini merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan karbohidrat. Rasanya yang enak bisa dimakan langsung, dibuat jadi topping pancake hingga smoothies untuk sarapan.

Setidaknya ada sekitar 26,95 gram karbohidrat yang ada di dalam satu pisang ukuran sedang (medium). Pisang-pisang ini kaya akan kalium serta vitamin A dan C yang baik untuk tubuh.

Tingginya kandungan potasium di dalam pisang membuat buah yang satu ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, serta membantu menurunkan kadar tekanan darah.

4. Mangga

Kalau sedang ingin sarapan yang manis-manis dan menyegarkan. Bisa pilih mangga yang punya kandungan 24.72 gram karbohidrat di setiap 165 gram buahnya. Mirip seperti jeruk dan buah-buahan lainnya, terdapat 46 miligram vitamin C di dalam buah mangga ini.

Jadi ketika sarapan mangga, kebutuhan nutrisi tubuh akan vitamin C sudah terpenuhi hingga 76%. Selain itu buah ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mangga punya kandungan yang dapat menekan sel lemak, serta sel-sel lemak yang berhubungan dengan gen di dalam tubuh.

5. Apel

Tak sempat siapkan sarapan di pagi hari? Bisa stok buah apel untuk pengganti sarapan. Buah yang satu ini masuk ke dalam jajaran buah dengan karbohidrat tinggi yang bikin kenyang.

Satu buah apel ukuran sedang mengandung sekitar 25.13 gram karbohidrat. Lengkap dengan vitamin C, potassium dan seratnya yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Menurut beberapa studi kesehatan, rutin mengonsumsi buah apel pada wanita lanjut usia, bisa menurunkan risiko terserang penyakit yang berkaitan dengan bawaan usia, termasuk kanker. (mg1)

Share
x

Check Also

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...

PWNU NTB Siap Sukseskan Vaksinasi Booster Sesuai Intruksi PBNU

  MATARAM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), bersama Kementerian Agama dan Kepolisian Republik Indonesia mencanangkan ...

Wow! Apple Watch Bakal Punya Fitur Pemantau Tekanan Darah

MATARAMPOS.COM – Harapan pengguna untuk mendapatkan sensor tekanan darah pada Apple Watch generasi terbaru tampaknya belum ...