Ini Penyebab Lampu Sepeda Motor Tiba-tiba Redup

MATARAMPOS.COM – Setiap kendaraan kini wajib dilengkapi dengan lampu, tak terkecuali untuk sepeda motor sekalipun. Bahkan bagi pengendara roda dua saat ini sudah wajib menyalakan lampu di saat siang hari. Kalau lampu motor redup, apa yang harus dilakukan?

Namun, lampu juga memiliki usia pakai. Apabila sudah lama bekerja, maka perlahan lampu mulai redup atau bahkan mati. Jika hal itu terjadi kini saatnya diganti dengan yang baru.

Tapi apa jadinya jika lampu sudah diganti namun cahaya yang dipancarkan malah redup? Atau kamu baru saja mengganti lampu beberapa bulan lalu, tapi cahayanya sudah redup bahkan tiba-tiba sering mati.

Apabila kondisi ini tengah menimpa kamu, jangan panik dahulu karena ada beberapa faktor yang menyebabkan lampu sepeda motor redup. Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini sejumlah faktor yang dapat membuat lampu sepeda motor menjadi redup.

1. Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu sepeda motor dapat memengaruhi terang atau redupnya sinar lampu motor. Maka dari itu, pastikan bohlam pada motor sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor kamu.

Usahakan juga membeli produk orisinal agar mendapatkan hasil yang optimal. Daripada kamu membeli bohlam lampu dengan harga murah namun memiliki kualitas rendah.

Standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt. Namun, apabila motor kamu telah menggunakan lampu LED dan masih redup, bisa jadi bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu sepeda motor kamu.

2. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Faktor lainnya yang menyebabkan lampu menjadi redup karena masa pakai mika lampu dan reflektor. Seiring pemakaian, kedua komponen tersebut bisa berubah menjadi semakin buram.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengganti reflektor pada lampu sepeda motor. Pastikan sparepart yang digunakan merupakan orisinal sehingga terjamin kualitasnya.

3. Saklar Lampu Kotor

Penyebab selanjutnya lampu sepeda motor bisa redup karena ditemukan kerusakan pada saklar lampu. Masalah ini dapat timbul akibat masa pemakain yang sudah lama dan kurang perawatan.

Selain itu, debu dan karat pada saklar lampu juga dapat menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Namun, masalah pada saklar lampu ini tidak berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru.

4. Soket Lampu Kendor dan Berkarat

Soket lampu merupakan salah satu komponen penting pada lampu sepeda motor. Apabila soket kendor, maka arus listrik yang dihasilkan jadi tidak stabil dan dapat mempengaruhi arus listrik yang dialirkan ke bagian lampu.

Selain kendor, soket lampu yang berkarat juga bisa menjadi penyebab cahaya yang dipancarkan lampu motor malah redup. Soket sendiri terbuat dari plat, nah bahan logam ini dapat berkarat seiring waktu. Penyebab paling umum soket bisa berkarat karena masuknya air hujan di sela-sela head cover motor.

Timbulnya karat pada soket ini akan menjadi hambatan bagi arus listrik untuk sampai pada lampu, sehingga akan menghalangi tegangan yang akan disalurkan ke lampu motor. Alhasil cahaya pada lampu motor menjadi redup.

5. Fitting Lampu Rusak

Tak hanya soket, peranti fitting lampu yang tidak layak pakai juga bisa menyebabkan cahaya lampu sepeda motor redup. Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu yang letaknya di sekitar bagian tembaganya. Padahal, bagian tembaga punya peran penting untuk menghantarkan listrik.

Dudukan lampu yang terbakar tentu akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup. Salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut adalah dengan membeli fitting lampu yang baru.

6. Sistem Kelistrikan Mulai Lemah

Selain ditemukan adanya kerusakan, bisa jadi penyebab lampu sepeda motor redup karena komponen aki mulai lemah dan tidak bisa mengaliri listrik ke sejumlah komponen, termasuk lampu sepeda motor.

Apabila aki mulai lemah atau rusak, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah akan mengakibatkan sistem kelistrikan tidak dapat berfungsi sempurna. Hal ini berpengaruh juga pada sinar cahaya yang dipancarkan dari lampu motor.

7. Kabel Lampu Meleleh

Penyebab terakhir lampu sepeda motor mulai redup bisa jadi karena salah satu kabel meleleh. Kabel lampu berfungsi sebagai penghantar aliran listrik agar sampai pada bola lampu sehingga dapat memancarkan cahaya.

Nah, jika kabel lampu ini meleleh maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Hal ini berpengaruh pada cahaya lampu sepeda motor. Kabel lampu sendiri dapat meleleh pada bagian soket dan kemungkinan bisa terjadi apabila soket terlalu panas.

Source: detik.com

Share
x

Check Also

Mudik dengan Mobil? Begini Cara Mengatur Muatan Mobil

MATARAMPOS.COM – Momen mudik lebaran 2022 semakin dekat, bagi kamu yang memiliki rencana pulang kampung ...

Ternyata Ini Alasan Taufik Hidayat Tak Mau Jadi Pelatih Bulutangkis

MATARAMPOS.COM – Taufik Hidayat secara tegas menyatakan tak mau menjadi pelatih bulutangkis meskipun banyak yang ...

PWNU NTB Siap Sukseskan Vaksinasi Booster Sesuai Intruksi PBNU

  MATARAM: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), bersama Kementerian Agama dan Kepolisian Republik Indonesia mencanangkan ...