Panglima Kogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono. F.Puspen TNI untuk Batam Pos

Kapal Tiongkok Masih Bertahan di Laut Natuna

NATUNA-Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I kembali menambah empat unsur kekuatan militer guna mendukung operasi pengamanan kedaulatan Indonesia di Laut Natuna. Panglima Kogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono menjelaskan, penambahan unsur dari Komando Armada (Koarmada) I tersebut bertujuan untuk mengusir kapal Coast Guard dan kapal nelayan Tiongkok yang saat ini masih bertahan di wilayah Laut Natuna. “Operasi telah diperkuat lagi oleh empat unsur kekuatan tambahan (kapal perang). Totalnya ada enam unsur,” jelas Yudo di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang, Minggu (5/1).

Unsur Kapal Republik Indonesia (KRI) akan beroperasi melakukan komunikasi persuasif dan akan terus mengusir keberadaan Coast Guard Tiongkok di wilayah Laut Natuna. Pihaknya, kata Yudo, akan melakukan operasi penegakan hukum bagi kapal nelayan Tiongkok yang tetap melakukan penangkapan ikan tanpa izin. “Cara cara persuasif terus dilakukan dan berusaha menyelesaikannya secara damai,” katanya.

Komunikasi persuasif yang terus dilakukan, lanjut Yudo, dapat menghindari terjadinya benturan benturan. Dengan komunikasi persuasif, kapal kapal tersebut diharapkan dapat keluar dari wilayah Laut Natuna. “Sejauh ini upaya pengusiran terus dilakukan. Secara diplomasi, pemerintah juga telah menyampaikan protes keras,” tegasnya.

Editor Roy

Share
x

Check Also

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri ...

Israel lancarkan operasi militer baru di Khan Younis, Gaza selatan

Militer Israel telah melancarkan operasi militer baru di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, ...

Samsung lihat ketidakpastian ekonomi, akan manfaatkan peluang dalam AI

Pembuat chip memori terbesar Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa ketidakpastian makroekonomi diperkirakan akan tinggi tahun ...