Cantiknya Desa Penglipuran, Desa Ini Terbersih di Dunia

MATARAMPOS.COM–Desa Penglipuran di Bali termasuk salah satu desa terbersih di dunia. Penampakan cantik desa yang kinclong ini pasti akan membuat traveler terpesona.

Desa Penglipuran dikenal sebagai salah satu desa terbaik di dunia. Apa yang membuatnya menyandang prestasi ini?

Desa Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli ini memang layak mendapat predikat salah satu desa terbersih di dunia. Betapa tidak, sejak memasuki kawasan ini, sama sekali tak tampak sampah, dan sangat mudah menemukan tempat sampah.

Bangunan khas Bali yang berjajar rapi di kanan kiri, merupakan bagian dari konsep Tri Mandala, yaitu Utama Mandala, Madya Mandala dan Nista Mandala.

Di bagian utara terdapat pura sebagai bagian Utama Mandala, di bagian tengah yaitu pemukiman penduduk sebagai Madya Mandala dan makam di Nista Mandala sebelah selatan.

Penduduk di sini memperbolehkan wisatawan untuk melihat bagian dalam rumah penduduk. Dan di hampir setiap rumah penduduk, biasanya juga ditawarkan berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh Bali untuk dijual pada wisatawan mulai dari sandal, baju hingga makanan.

Di beberapa rumah kita juga bisa menemukan penduduk menjual salak. Desa ini juga terlihat mematuhi protokol kesehatan, terlihat dari adanya tempat cuci tangan, sand hanitizer dan sabun di setiap rumah. Dan tentu saja para penduduk memakai masker.

Untuk menuju ke desa Penglipuran ini, kita hanya perlu berjalan sedikit dari tempat parkir di sebelah utara desa. Di saat pandemi, desa ini memang tak terlalu ramai. (detikcom)

 

Share
x

Check Also

Naik Hingga 80%, Varian Delta Sebabkan Kasus Corona Dunia

MATARAMPOS.COM – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan varian delta telah membuat kasus Covid-19 dunia ...

Positif Covid-19, Dua Harimau Sumatera di Ragunan

MATARAMPOS.COM – Dua Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan positif terpapar Covid-19. Mereka didiagnosis terpapar ...

NTB Terima 68.990 Dosis Vaksin Sinovac dan Astrazeneca, Prioritaskan Vaksinasi Dosis Kedua

MATARAMPOS.COM – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menerima 68.990 dosis vaksin jenis Sinovac dan ...