Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Usai Divaksin

MATARAMPOS.COM–Efektivitas vaksin dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang harus dihindari setelah vaksin agar berjalan efektif.

Nutrisi memainkan peran utama dalam kemanjuran vaksin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS menemukan bahwa gizi yang baik adalah kunci untuk memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap vaksin.

Artinya, kamu perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk kekebalah tubuh, baik sebelum atau setelah disuntik vaksin.

Dilansir dari CNN Indonesia (10/3) sebuah studi dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities ini mengamati 49 studi vaksin yang dilakukan sebelumnya selama tiga dekade terakhir.

Hasilnya, stres menjadi faktor utama yang dapat memengaruhi efektivitas vaksin. Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar.

Jika ingin meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, maka kamu perlu menerapkan pola makan tinggi makanan utuh yang mengandung serat dan minum lebih banyak air setiap hari.

Kamu disarankan untuk sejenak menghindari minuman beralkohol. Sejumlah negara melarang meminum alkohol sebelum dan setelah vaksin. Alkohol dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap vaksin.

Seperti dilansir detikcom, sebuah studi dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities ini mengamati 49 studi vaksin yang dilakukan sebelumnya selama tiga dekade terakhir.

Hasilnya, stres menjadi faktor utama yang dapat memengaruhi efektivitas vaksin. Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar.

Jika ingin meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, maka kamu perlu menerapkan pola makan tinggi makanan utuh yang mengandung serat dan minum lebih banyak air setiap hari.

Kamu juga disarankan untuk sejenak menghindari minuman beralkohol. Sejumlah negara melarang meminum alkohol sebelum dan setelah vaksin. Alkohol dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap vaksin.

Selain itu, sebaiknya untuk sementara waktu menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh seperti junk food. Makanan dengan tinggi gula juga harus dihindari.

Mengutip Eat This, berikut makanan yang harus dihindari setelah vaksin.

1. Minuman bersoda atau dengan pemanis
Kamu benar-benar disarankan untuk tidak meminum minuman jenis ini. Minuman jenis ini tak memiliki satu pun manfaat kesehatan.

Alih-alih sehat, terlalu banyak minuman bersoda dan berpemanis berisiko penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi risiko lainnya.

2. Makanan olahan
Makanan olahan didefinisikan sebagai makanan yang telah diubah dari bentuk aslinya dengan pemrosesan pabrik. Makanan dengan proses tinggi cenderung dibuat dengan bahan yang tak sehat seperti gula dan lemak jenuh.

3. Minuman berenergi
Minuman berenergi mengandung stimulan seperti kafein yang membebani kelenjar adrenal dan bersifat adiktif.

Tak hanya itu, minuman berenergi juga umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

4. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji jelas bukan pilihan yang tepat. Makanan ini melalui pemrosesan yang tinggi dengan tambahan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

5. Minuman beralkohol
Alkohol dikhawatirkan dapat memengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Sebuah studi juga menemukan, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.(mg1)

Share
x

Check Also

Ustadz Hilmi Firdausi Minta Pemimpin Islam Contoh Justin Trudeau

MATARAMPOS – Dai Ustadz Hilmi Firdausi meminta pemimpin umat Islam mendengarkan dan mencontoh Perdana Menteri ...

Kemenkumham Berikan Bantuan Hukum Gratis bagi Masyarakat Miskin

  Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM ajukan anggaran sekitar 55 milyar rupiah pada Rencana ...

Perkuat Akses Informasi Pelayanan Publik, Kemenkumham Siapkan Database Melalui SIPP

Yogyakarta – Jumlah pelayanan publik yang dikelola Pemerintah Indonesia hingga saat ini jumlahnya sangat banyak.  ...